Beranda Kepri Bintan 2.000 Jiwa Terdampak, Status Bencana Alam di Bintan Naik Jadi Tanggap Darurat

2.000 Jiwa Terdampak, Status Bencana Alam di Bintan Naik Jadi Tanggap Darurat

0
Roby Kurniawan Bupati Bintan memimpin rapat pemulihan bencana alam setelah status bencana di Bintan naik menjadi tanggap darurat, Senin (6/3/2023). F-Diskominfo Bintan

beritakepri.id, BINTAN – Bencana banjir, longsor dan angin kencang di Kabupaten Bintan sejak sepekan lalu mengakibatkan lebih dari 2.000 jiwa yang terdampak. Status bencana alam di Kabupaten Bintan, naik dari siaga menjadi tanggap darurat.

Pemerintah Kabupaten Bintan sendiri telah melakukan beberapa tindakan cepat, mulai dari mendirikan dapur umum, tenda pengungsian, pendataan dampak, rambu pemberitahuan di ruas jalan rusak dan beberapa upaya siaga lainnya.

Dari beberapa pertimbangan dan data lapangan, hasil Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana bersama FKPD dan OPD terkait yang dipimpin Bupati Bintan Roby Kurniawan disepakati dan ditetapkan status bencana Bintan dari sebelumnya Siaga menjadi Tanggap Darurat.

Baca Juga :  Rapat Paripurna KUA-PPAS Anggaran Tahun 2021

“Dari kesepakatan dan hasil musyawarah bersama, berdasarkan data lapangan serta indikator yang terpenuhi, tadi kita tetapkan status tanggap darurat untuk bencana di Bintan. Itu terhitung sejak tanggal 3 hingga 9 Maret,” kata Roby Kurniawan usai memimpin rapat koordinasi di Ruang Rapat Bapelitbang Bintan, Senin (6/3/2023).

Beberapa indikator yang ditetapkan BNPB untuk memutuskan status tanggap darurat secara keseluruhan telah terpenuhi. Mulai dari adanya korban bencana yang hingga Senin (6/3/2023) ini, tercatat lebih 2.000 jiwa terdampak. Dan lebih dari 1 kali 24 jam. Kemudian adanya pengungsian. Beberapa masyarakat juga mengungsi ke rumah tetangga dan kerabat.

Baca Juga :  Panen Jagung di Bintan, Nasdem Bintan Dorong Petani Tingkatkan Produktivitas

Indikator selanjutnya adanya kerusakan sarana dan prasarana umum. Diketahui beberapa akses utama di Bintan mengalami kerusakan sedang hingga berat, bahkan jalan lintas berat sebagai salah satu contohnya harus ditutup untuk dilakukan perbaikan maupun pemulihan.

Bupati Bintan kemudian menyampaikan, agar seluruh stakeholder yang ada. baik OPD maupun FKPD bisa benar-benar menjalin sinergitas agar langkah cepat penanganan bisa benar-benar terealisasikan.

“Kita tetapkan status ini semata-mata untuk percepatan pemulihan. Baik itu kebutuhan sandang pangan maupun pemulihan beberapa infrastruktur sebagai hal urgen yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Roby Kurniawan Bupati Bintan.***

Baca Juga :  Ansar Ahmad Hadiri & Dukung Pengembangan Kawasan Investasi Rempang di Batam

Penulis : Nurulius
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here