Beranda Berita Utama 2.511 Siswa di Tanjungpinang Khatam Al-Qur’an

2.511 Siswa di Tanjungpinang Khatam Al-Qur’an

0

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Sebanyak 2.511 siswa SD/MI se-Kota Tanjungpinang melaksanakan khataman Al-Qur’an. Kegiatan ini ditaja oleh Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan, Jumat (26/4) pagi.

Kegiatan diawali dengan pawai ta’aruf dengan peserta yang memakai baju serba putih, aneka warna bunga telur dan bunga manggar menambah kemeriahan serta kental dengan nuansa islami.

Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa untuk memperdalam dan menghayati Al-Qur’an secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Kepada Menteri Perhubungan, Nurdin Minta Pelabuhan dan Bandara

“Membaca Al-Qur’an jangan sampai berhenti disini saja. Setelah khatam lanjutkan memperdalam, menghayati bahkan menghafal isi kandungan Al-Qur’an,” ungkapnya.

Syahrul mengatakan Pemerintah Kota Tanjungpinang sangat memperhatikan pendidikan karakter sebagai penjabaran visi dan misi Kota Tanjungpinang dalam RPJMD. Salah satunya dengan Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Wajib Mengaji yang dilaksanakan setiap hari dalam waktu 30 menit sebelum jam pertama dimulai.

“Pemerintah Kota Tanjungpinang sangat mengapresiasi sekolah-sekolah yang telah melaksanakan kegiatan Wajib Mengaji sehingga dapat mengkhatamkan siswa-siswinya. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan jumlah yang lebih banyak lagi,” harapnya.

Baca Juga :  Ansar Tawarkan Potensi Wisata Alif Stone Natuna

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang AG, M.Si melaporkan kegiatan khataman Al-Qur’an pada tahun 2019 ini diikuti oleh 2.511 siswa-siswi kelas VI yang berasal dari 62 SD/MI Negeri dan Swasta se-Kota Tanjungpinang.

“Dikhususkan untuk kelas VI karena sertifikat yang akan didapatkan bisa dipergunakan sebagai prasyarat khusus untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya,” ungkap Dadang.

Khataman Al-Qur’an ini dipandu langsung oleh Ustad Alwi Jamaluddin, M.Pd.I dan Dra. Hj. Alhusna dan dilakukan pembacaan Juz 30 secara bergiliran oleh siswa-siswi SD/MI se-Kota Tanjungpinang. Seusai khatam, dilakukan prosesi tepuk tepung tawar oleh wali kota, Kemenag Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kota Tanjungpinang dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here