Fitur tersembunyi google

SIAPA sih yang nggak kenal Google? Mesin pencari yang paling dahsyat ini menjadi rujukan begitu banyak manusia yang ingin mendapatkan informasi. Cara penggunaannya yang mudah membuat manusia pun menyukainya.

Diantara kalian pasti ada yang berpikir jika Google adalah piranti pencari. Artinya aplikasi ini membutuhkan jaringan internet. Ketika dan ada jaringan Google tak akan berfungsi. Kebanyakan mending pergi keluar ruangan, ngopi dahulu, baru masuk lagi setelah dikabari jaringan internet normal.

Pun saat jaringan lancar, jarang ada yang tahu jika Google sebenarnya menyimpan beberapa fitur tersembunyi yang tak banyak orang tahu. Berikut ini adalah beberapa fitur rahasia Google yang perlu kamu tahu agar bisa mengoptimalkannya.

Permainan Dinosaurus

Bila internet mati sementara hujan deras di luar, Anda bisa merasakan kebosanan tingkat tinggi. Eit, jangan dahulu tidur. Tetap menghadap ke layar laptop, lalu tampak ada karakter dinosaurus di atas. Sebenarnya itu bukan pejangan semata.

Silakan tekan tombol panah ke atas, maka dinosaurus tadi akan bergerak dan menjadi permainan klasik yang cukup menyenangkan. Awas ada beberapa batang kaktus yang siap menghadangmu. Waduuuh… nabrak deh.

Baca Juga :  Covid-19, Anjing dan Kucing Diminta Terapkan Social Distancing

Permainan Ular dan Sebagainya

Ingin istirahat sejenak dari aktivitas yang berhubungan dengan komputer di kantor? Mengapa tak coba bermain permainan yang disediakan Google?

Caranya gampangm ketikkan saja play snake di kotak pencarian, maka akan muncul kotak permainan ular. Ularnya berwarna biru, lidahnya merah menjulur ke arah buah merah. Ular ini bergerak di atas rerumputan.

Mau permainan gratis lain yang disediakan Google, silakan klik tanda panah di bawah kotak Play, maka akan muncul beragam permainan lainnya. Ada Earth Day quiz, Pac Man, Spin a dreidel, solitaires dan sebagainya.

Konversi Satuan

Tiba-tiba anak bertanya seputar konversi satuan sementara Anda termasuk orang yang kurang menguasai hal tersebut? Coba buka laptop, di halaman awal Google ketikkan kata konversi satuan. Alhamdulillah, pertanyaan anak terjawab.

Di sini tinggal mengetikkan apa yang dicari. Misalnya satu centimeter itu berapa milimeter? Atau satu kilometer itu berapa meter? Google akan memberikan jawabannya untuk kita.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Misalnya yang dibutuhkan anak ialah pertanyaan 1 kilometer ada berapa meter, cukup masukkan 1 di kolom kiri, di bawahnya pilih kilometer. Selanjutnya di kolom kanan, pilih ukuran meter. Secara otomatis Google akan menampilkan jawabannya.

Baca Juga :  Beberapa Hal Penting tentang Google Adsense

Fitur ini juga canggih, karena tak hanya mampu mengukur jarak, melainkan bisa juga mencari panjang, berat, data kecepatan, volume hingga bahan bakar. Canggih, bukan?

Prakiraan Cuaca

Mungkin selama ini Anda mengira hanya smartphone yang mampu mengidentifikasi prakiraan cuaca di kota tempat kita tinggal. Padahal Google pun memiliki fitur tersebut.

Nggak percaya? Ketikkan saja kata cuaca di Google maka secara otomatis akan muncul datanya selama delapan hari ke depan. Data yang muncul berdasarkan lokasimua saat membuka atau mengakses internet.

Bila ingin mengetahui prakiraan cuaca di kota lain, misalnya Abda ingin bepergian ke Tanjungpinang, ketikkan kata cuaca tanjungpinang. Google akan menampilkan datanya.

Selain itu, Google juga menyediakan informasi lain seperti informasi tentang suhu udara, kecepatan dan arah angin.

Latihan Pernafasan

Melakukan pernafasan yang benar mampu mengurangi tingkat depresi. Makanya tak sedikit teknik mengurangi stres dengan mengolah teknik pernafasan. Google juga memiliki fitur tersebut.

Baca Juga :  Berikut Penjelasan Rapid Test Corona Tidak Sama dengan Pemeriksaan Swab

Cukup ketikkan kata breathing exercise maka akan muncul instruksi latihan pernafasan selama semenit.

Caranya, klik tombol play di layar, Google akan memberitahu Anda kapan harus menarik nafas dan kapan harus mengeluarkannya. Harus diakui memang tak selengkap aplikasi yang memang dibuat untuk hal ini, namun lumayanlah untuk mengurangi kram otak saat kerja.

Permainan Lempar Dadu

Hayo siapa yang suka main dadu? Butuh tempat yang luas tentu saja. tetapi Anda bisa melakukan permainan ini di kantor. Ketikkan saja kata Roll a Dice di Google, maka akan muncul pemutar dadu keren. Canggih. Tak hanya satu dadu, melainkan sabanyak yang Anda inginkan.

Bentuk dadunya juga tak hanya satu. Ada dadu bersisi empat, enam, delapan, sepuluh dan dua belas hingga dua puluh. Nggak usah dipusingkan siapa yang menang, mainkan saja untuk sebuah relaksasi otak.

Itulah tadi firut Google yang tersembunyi dan bisa Anda manfaatkan. Selamat mencoba. ***

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here