beritakepri.id — Proses klaim listrik gratis dan diskon 50 persen bisa dilakukan melalui website resmi PLN di www.pln.co.id. Banyaknya masyarakat yang mencoba melakukan proses klaim ini menyebabkan perlambatan akses saat mencoba membuka situs www.pln.co.id

Demikian diungkapkan Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/4/2020).

Saat ini sudah ada 5 juta pelanggan yang berhasil melakukan klaim listrik gratis dan diskon 50 persen. Oleh karenanya, sistem ini akan terus ditingkatkan secara bertahap.

“Karena banyaknya (pelanggan) yang masuk dalam waktu bersamaan sehingga sistem sempat mengalami gangguan. Namun PLN sudah menaikkan kapasitas hingga 4 kali lipat,” kata Made.

Baca Juga :  Program Prioritas SMSI Menjadi Kostituen Dewan Pers Disambut Baik

Kebijakan PLN memberikan pembebasan dan diskon biaya tarif listrik menuai antusiasme masyarakat. Kebijakan ini berupa pembebasan biaya tarif listrik untuk konsumen rumah tangga 450 VA dan diskon 50 persen bagi konsumen rumah tangga bersubsidi 900 VA.

Layanan ini dapat diakses melalui website resmi PLN di www. pln.co.id dan melalui nomor WhatsApp 08122-123-123. Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik ini akan dilakukan bertahap.

“Yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :  Menjadi Konstituen, SMSI Siap Mengemban Amanah Dewan Pers

Namun, untuk layanan WhatsApp baru bisa diakses mulai Senin (6/4/2020).

“Nomor WhatsApp 08122-123-123 Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin,” kata Wakil Dirut PLN Darmawan Prasodjo melalui siaran langsung di akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (3/4/3030).

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan golongan 900 VA bersubsidi.

1. Buka laman www. pln.co.id

2. Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

Baca Juga :  Corona, Bukan Hanya Ojek Online yang Terdampak

3. Masukkan ID pelanggan/nomor meter.

4. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.

5. Masukkan kode token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Dengan ID pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Juta Pelanggan Berhasil Klaim, Ini Cara Dapatkan Token Listrik Gratis PLN “.

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here