Beranda Advertorial Ratusan Siswa Ikuti Kemah Besar di Taman Budaya

Ratusan Siswa Ikuti Kemah Besar di Taman Budaya

0

Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) bekerjasama dengan Kwartir Cabang Pramuka Tanjungpinang menggelar kemah besar.

Kemah besar ini dilaksanakan selama empat hari, dari Kamis sampai Minggu (29/9) mendatang di Bumi Perkemahan Taman Budaya, Senggarang, Tanjungpinang.

Kegiatan itu diikuti anggota Pramuka tingkat Penggalang dan Penegak dari seluruh SMP dan SMA se-Kota Tanjungpinang.

Kemah Besar ini dibuka Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang yang juga Walikota Tanjungpinang, H Syahrul, SPd dengan mengangkat tema “Membangun Karakter SDM Kepramukaan Menuju Indonesia Maju”.

Syahrul mengatakan kemah besar merupakan sarana untuk mengembangkan Gerakan Pramuka sebagai sarana untuk membangun karakter generasi milenial sebagai penerus bangsa.

“Kegiatan Pramuka memberikan dampak positif bagi generasi muda kita agar lebih mandiri, kuat dan tangguh. Serta memiliki kepribadian yang unggul sebagai penerus cita-cita bangsa dan menjadi pemimpin di masa depan, sebab di Pramuka diajarkan tentang berbagai hal dalam menata kepribadian yang baik,” ungkap Syahrul.

Baca Juga :  DPRD Sahkan APBD 2021 Sebesar Rp 3,986 Triliun

Ia menuturkan, penetapan Taman Budaya Senggarang sebagai Bumi Perkemahan, merupakan wadah bagi seluruh sekolah. Khususnya yang akan melaksanakan Perjusami atau Persami dapat dilakukan di Bumi Perkemahan tersebut.

“Bumi Perkemahan ini untuk seluruh Gugus Depan Pramuka yang akan melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan, perkemahan dan berbagai aktivitas lainnya. Manfaatkan fasilitas ini untuk hal-hal positif agar kegiatan Pramuka mampu menjadi pemacu semangat berprestasi dan wadah pembentukan karakter generasi mandiri, kreatif dan disiplin,” ucapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Djasman SSos mengatakan, sekitar 544 anggota Pramuka dari tingkat penggalang dan penegak tyang mengikuti kegiatan perkemahan.

Baca Juga :  Plt.Gubernur Kepri Canangkan Kepri Bersepeda 2020

Peserta akan mengikuti berbagai kegiatan. Mulai dari lomba kreasi dan inovasi serta lomba penunjang lainnya.

Menurut Djasman, Kemah Besar merupakan sarana bagi Pramuka Penggalang dan Penegak sebagai bagian dari sistem pembinaan prestasi secara menyeluruh. Dalam rangka mengukur dan mengevaluasi tingkat keberhasilan dan pembinaan dan pelatihan di gugus depan wilayah kerja kwartir ranting.

Djasman juga mengatakan, melalui kegiatan Kemah Besar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas keterampilan bagi peserta didik penggalang dan penegak secara berjenjang. Dari tingkat gugus depan hingga kwartir yang pada akhirnya dapat mendorong terwujudnya visi dan misi gerakan Pramuka.

Baca Juga :  Aunur Rafiq Resmikan Tugu Pancasila di Desa Lubuk

Selain kegiatan Kemah Besar, juga dilaksanakan Pengukuhan Dewan Kerja Kwarcab Pramuka Tanjungpinang oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP.
Selain itu juga dilaksanakan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti peresmian Bumi Perkemahan Taman Budaya oleh Walikota Tanjungpinang yang menandakan bahwa Kota Tanjungpinang.

Diakhir kegiatan juga dilakukan pemberian tanda penghargaan Pancawarsa dan Pramuka Garuda yang disematkan oleh Walikota Tanjungpinang didampingi oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjungpinang yang juga Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur FKPD Kota Tanjungpinang, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Sekolah se-Kota Tanjungpinang. Acara semakin semarak dengan menampilkan atraksi drumband dari SMA Negeri 1 Tanjungpinang.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here