Beranda Kepri Anambas Abdul Haris Lantik Pengurus BAZNAS Anambas Periode 2022-2027

Abdul Haris Lantik Pengurus BAZNAS Anambas Periode 2022-2027

0
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH saat melantik pengurus Baznas Anambas Periode 2022-2027.F-Istimewa

beritakepri.id, ANAMBAS – Bupati Anambas Abdul Haris,S.H melantik dan pengambilan sumpah unsur Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Anambas periode 2022-2027, Rabu (9/3) malam. Abdul Haris melantik lima orang pengurus BAZNAS. Diantaranya empat laki-laki dan satu perempuan.

Ia menilai keberadaan BAZNAS Kabupaten Anambas, telah mampu menjadi instrument penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan umat.

Dinilai mampu memberikan peran penting dalam meningkatkan kebermanfaatan zakat. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui sejumlah program-program unggulannya.

Tentunya hal ini tidak lepas dari kemampuan yang luar biasa dari pimpinan BAZNAS Kabupaten Anambas.

Beserta seluruh jajaran yang senantiasa mengerahkan segala daya dan upaya terbaiknya demi kemaslahatan umat.

Abdul Haris juga mengulas tentang perjalanan pembentukan BAZNAS di Kabupaten Anambas.

Berdasarkan SK Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/37/Tahun 2015 tanggal 11 Februari 2015.

Setelah diterbitkannya SK tersebut, pimpinan BAZNAS bersama pemerintah daerah memandang perlu segera membentuk struktur kepengurusan.

Serangkaian tahapan telah dilalui hingga akhirnya kepengurusan BAZNAS secara resmi dibentuk.

Baca Juga :  HUT Brimob Ke 73, Harapan Ini Disampaikan Gubernur Kepri

Melalui SK Bupati Kepulauan Anambas Nomor 320 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Pimpinan BAZNAS Kabupaten Anambas Periode 2016 2021.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada kepengurusan BAZNAS Kabupaten Anambas periode 2016-2021. Kami menilai telah berhasil membangun pondasi yang baik dalam berjalannya program bagi masyarakat,” paparnya.

Diceritakannya, proses seleksi dipimpin
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas, Dr H Erizal MH.

Dimulai 5 Juli 2021 hingga akhirnya pada Februari mendapatkan pertimbangan dalam pengangkatan pimpinan BAZNAS periode tahun 2022 2027.

Melalui Surat Ketua BAZNAS Republik Indonesia Nomor: 428/ANG/BAZNAS/11/2022.

Menindaklanjuti hal tersebut, 1 Maret 2022 bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati melakukan Rapat Pleno Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS Kabupaten Kepulauan Anambas Periode 2022-2027.

Dengan susunan pimpinan, Muksin, S.Pd menjabat Ketua didampingi empat wakilnya.

Bidang pengumpulan, Sumaryono SPd.
Serta Bidang Penyaluran dan Pendistribusian Taftazani SAg.

Hj Raja Peni Adriani, SMn menjabat sebagai Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan. Serta Drs Aswar menjabat Wakil Ketua IV Bidang Kesekretariatan, SDM dan Umum.

Baca Juga :  Dihari Kelima Operasi Patuh Seligi 2019, Dari 26 Pelanggar Terdapat Satu Pengendara Di Bawah Umur

“Saya berharap dikukuhkannya pengurus baru, kinerja BAZNAS Kabupaten Anambas lebih ditingkatkan lagi. Sehingga keberadaannya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat. Tetap menjadi mitra bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan upaya penanggulangan kemiskinan,” tutur Abdul Haris.

Ia pun menyadari betul, dua hal tersebut tidak akan mampu dicapai tanpa dukungan serta kolaborasi yang baik dari BAZNAS bersama pemerintah daerah.

Ia menilai, dapat merambah kepada proses harmonisasi program utama zakat. Sesuai RPJMD dan dalam hal penyaluran, indikator program zakat sudah berbasis pada SDG’s.

“Pada kesempatan ini saya juga instruksikan kepada Kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Anambas dapat mengintensifkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS). Melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang sudah ada di instansinya masing-masing.

Ia pun mengaku akan lakukan evaluasi terhadap hal ini. Berharap Bapak/Ibu Kepala OPD dapat menindaklanjuti sesegera mungkin.

Baca Juga :  Sahtiar : Stop Penyemprotan Disinfektan Setiap Fasum

Untuk Pimpinan BAZNAS yang baru dikukuhkan, segera lakukan updating SK UPZ.

Sebagaimana diatur dalam peraturan BAZNAS Republik Indonesia. Serta melakukan komunikasi yang intens bersama Kepala OPD, Instansi Vertikal, sampai dengan di tingkat kelurahan/desa.

Kesempatan itu juga, Abdul Haris ingin menyampaikan komitmen mendukung BAZNAS mencapai visinya.

“Menjadi Lembaga Utama Mengsejahterakan Ummat”.

Pemerintah daerah senantiasa siap memberikan dukungan. Mulai dari moril maupun materil demi terwujudnya visi tersebut.

“Semoga dengan pengurus BAZNAS Kabupaten Anambas terpilih, senantiasa sukses dalam memberikan pelayanan zakat yang bermutu kepada masyarakat,” paparnya

Ia meminta bisa implementasikan seperti apa yang di sampaikan pada saat proses seleksi kemarin.

“Terus semangat dan bekerjasama dalam membangun Kabupaten Kepulauan Anambas yang kita cintai ini,” ucap H Abdul Haris.

Hadir juga perwakilan Danramil, Danlanal Kepala Kemenag, pengurus LAM Anambas dan Kabag Humas Anambas serta lainnya.(Cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here