Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat memimpin apel Satpol PP dan Pemadam Kebakaran di Dataran Engku Putri, Selasa (11/2).

beritakepri.id, Batam — Anggota Satpol PP Kota Batam diingatkan untuk tampil lebih humanis dan memperbanyak senyum. Pesan ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat memimpin apel Satpol PP dan Pemadam Kebakaran di Dataran Engku Putri, Selasa (11/2).

“Dalam bertindak ikuti protap (prosedur tetap) yang sejauh ini sudah kita pedomani. Tampil humanis, perbanyak senyum. Dan kedepankan pendekatan persuasif,” tuturnya.

Selain itu ia juga mengingatkan tiga tugas utama Satpol PP. Yaitu menegakkan Peraturan Daerah, menciptakan keamanan ketertiban, serta mengkoordinasikan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS).

Baca Juga :  Kepada Nurdin, Menko Maritim Janji Akan Ingatkan Presiden

“Perda yang ditegakkan Satpol PP ini kan termasuk tipiring, tindak pidana ringan. Seperti Perda Kebersihan. Jadi kalau ketemu yang buang sampah di jalan, ada hak tuan-tuan untuk menangani itu. Buat tim spesial untuk memantau. Termasuk memantau truk yang mengangkut semen, sampah, pasir, yang berceceran ke jalan,” ujarnya.

Pada apel tersebut, Amsakar juga mengapresiasi kinerja Satpol PP selama ini. Menurutnya capaian Rudi-Amsakar empat tahun terakhir tidak lepas dari kontribusi Satpol PP di lapangan.

Contohnya ketika pembersihan Pasar Induk Jodoh, Satpol PP sudah turun sesuai protap sehingga berjalan relatif lancar. Kemudian Satpol PP juga tak segan untuk ikut turun melakukan penghijauan di Kota Batam meski bukan tugas pokoknya.

Baca Juga :  Tanjungpinang Segera Miliki Mal Pelayanan Publik

“Jalan yang dilebarkan tak akan semulus sekarang kalau tidak di-support anda sekalian. Maka tugas ini harus dilaksanakan dengan baik. Hari ini, apa yang telah dilaksanakan Satpol PP sudah cukup baik. Kita bangga dengan itu. Namun ke depan mesti lebih baik lagi,” kata dia.

Amsakar melanjutkan, semua bisa lebih baik apabila personel Satpol PP memahami regulasi mulai dari pusat hingga daerah. Oleh karena itu perlu ada tim yang khusus mendalami peraturan-peraturan tersebut. Supaya Satpol PP tetap bertindak sesuai ketentuan.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Kepri Tinjau Pembangunan Drainase

“Ke depan kita ingin ini diperluas. Jangan sampai kita dapat informasi soal gangguan ketertiban malah dari luar, bukan dari Satpol PP di kecamatan. Maka kendaraan yang ada itu gunakanlah untuk memantau lingkungan sekitar,” pesannya.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here