Beranda Berita Utama Ansar Launching Vaksinasi Bagi Bumil dan Busui

Ansar Launching Vaksinasi Bagi Bumil dan Busui

95
0
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, saat meninjau Vaksinasi dibatam

Pekan Vaksinasi Sempena HUT Kepri ke-19

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus menggesa pencapaian vaksinasi , hal ini dengan dilakukannya pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan menyusui  bertepatan dengan vaksinasi hari jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-19 sesuai dengan tema ‘Kepri sehat, Kepri maju, kesehatan pulih ekonomj bangkit.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisifasi aktif dalam mensukseskan vaksinasi Covid-19 ini.

“Kita akan wujudkan dalam membentuk kekebalan bagi ibu hamil dan menyusui apabila cakupan vaksinasinya tinggi dan merata seluruh wilayah Kepri, ini lah bentuk ikhtiar kita,” ajak Gubernur Ansar saat membuka pencanangan vaksinasi serta pelayana KB Provinsi Kepri di RSUP RAT Tanjungpinang, secara siaran tapping, Sabtu (25/9).

Pekan vaksinasi yang disejalankan dengan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-19, dimulai pada tanggal 25 sampai dengan 30 September 2021 kedepan.

“Sasarannya ibu hamil dengan usia kehamilan 13 minggu atau cukup bulan,” tambahnya.

Baca Juga :  Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak

Dalam proses vaksinasi tahap pertama ini,akan dilakukan di Ibukota Provinsi Kepulauan Riau, yakni di Kota Tanjungpinang  dan dikuti secara serentak di seluruh Kabupaten Kota lainnya.

Masyarakat diminta tidak perlu takut untuk di baksin karena sudah didukung dengan adanya fatwa MUI nomor 2 Tahun 2021 terkait kehalalan vaksin serta telah diterbitnya izin penggunaan darurat atau emergency usautorizen untuk vaksin Covid-19 ini dari Badan POM.

“Vaksin sinovac ini telah memiliki mutu yang memenuhi standar serta syarat pembuatan obat yang baik, efektiv dan tentunya halal,” katanya.

Gubernur menjelaskan, jumlah ibu hamil di Provinsi Kepri sebanyak 52.829 orang, dimana 75 persen dari jumlah tersebut harus  dilakukan vaksinasi. Sementara untuk data terbanyak ibu hamil ada di Batam sejumlah 37.342 orang, sedangkan Tanjungpinang 3.664 orang.

“Untuk itu, marilah kita bekerjasama dalam mendukung percepatan vaksinasi, guna tercapainya 5.000 ibu hamil yang divaksin pada bulan Oktober,” jelas Gubernur Ansar.

Vaksinasi bagi ibu hamil  ini diperuntukan bagi yang sudah memenuhi persyaratan untuk dapat divaksin karena kelompok ini salah satu kelompok rentan terdampak Covid-19.

Baca Juga :  Gubernur Berharap Jalan SP II Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

“Sasaran dari vaksinasi ini adalah ibu hamil yang merupakan kelompok populasi yang beresiko,” sebutnya.

Dengan dipadunya sinergitas antara testing, tracing dan traetmen (3T) yang dilakukan Pemerintah dan dengan gerakan 3M yang dilakukan masyarakat serta didukung oleh program vaksinasi Covid-19. Diharapkan hal ini mempercepat Kepri memasuki zona PPKM yang lebih aman lagi. Jika saat ini berada diblevel III, maka diharapkan bisa segera di level II atau bahkan I.

“Kita dapat tetap produktif dan mampu melewati ujian pandemi Covid-19 ini dengan penerapan protokol kesehatan,” tutupnya

Sementara itu, ketua POGI dr. Hari kusuma Januarto mengucapkan dan mengapresiasi atas pencanangan vaksinasi pada Ibu hamil serta Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-19

“Semoga Kepulauan Riau bertambah maju, sukses, barokah dan sejahtera untuk semua rakyatnya,” ucapnya.

POGI sangat mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan pencakupan vaksinasi, dan karena hal ini sangat diketahui bersama ibu hamil adalah kelompok rentan yang harus dilindungi.

Baca Juga :  Gelar Konferensi Pers, Ansar Kembali Tegaskan Kepri Sangat Siap Terima Wisman

“ini salah satunya tanggung jawab kita sebagai pelopor kesehatan reproduksi pada Ibu hamil,” jelas dr. Hari.

Sedangkan dr. Januarman melaporkan kegiatan ini adalah kegiatan kedua yang diakan yang sebelumnya pada tanggal 9 September dilaksana di Batam dengan serentak 7 Kabupaten Kota Se-Provinsi Kepri.

“Kegiatan pertama pelaksanaannya di Batam sekitar tiga minggu yang lalu dan alhamdulillah ini kegiatan kedua di Tanjungpinang,” lapornya.

Tampak hadir langsung Ketua TP PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Asisten I H. Juramdi Esram, Kedis Kesehatan M. Bisri, Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Medi Heriyanto, Direktur RSUP Raja Ahmad Thabib Yusmaneli dan seluruh perwakilan Forkominda Provinsi.

Hadir secara virtual Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN Viktor Palimbong, beserta Perwakilan 7 Kabupaten Kota Se-Kepri dan serta organisasi IDI, IBI, PPNI, Asosiasi Klinik Indonesia, Persatuan Rumah Sakit Indonesia.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here