Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama sejumlah pejabat kabupaten berfoto bersama pegawai dan staf Pemerintahan Desa Batu Limau, Kecamatan Ungar.

beritakepri.id, KARIMUN —BUPATI Karimun DR H Aunur Rafiq berkunjung ke Kantor Desa Ungar dan Batu Limau, Kecamatan Ungar, Jumat (17/1). Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung pelaksanaan pemerintahan di tingkat desa sehingga menjadi lebih baik dan profesional.

“Kunjungan ini untuk melihat langsung bagaimana jalannya pembangunan di desa. Dan tentunya untuk memotivasi aparatur pemerintahan desa,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Pemerintahan desa memiliki kewenangan yang cukup luas sesuai dengan undang-undang yang mengatur tentang otonomi desa. Besarnya kewenangan pemerintah desa, diimplementasikan dalam melaksanakan pembangunan, dimana desa menyusun sendiri program pembangunan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Baca Juga :  Kunker ke Pulau Kundur, Wabup beri masukan dan motivasi para camat

Kewenangan yang cukup besar ini, menuntut kesiapan aparatur pemerintahan desa dalam menyusun pembangunan yang benar-benar sesuai dengan aturan dan kebutuhan pembangunan masyarakat di desanya.

Bupati juga memberi masukan kepada aparatur pemerintahan desa tentang penggunaan anggaran desa agar tetap mengacu pada prosedur atau mekanisme yang telah ditetapkan sehingga tidak menimbulkan persoalan hukum di kemudian.

Salah satu program pemerintah pusat yang langsung diluncurkan ke desa adalah Dana Desa, yang dikelola pemerintahan desa bersama Badan Perwakilan Desa (BPD).

Baca Juga :  Sudah 10 Tahun berdiri kini BKAD Tebing punya gedung sendiri

Dana desa dicairkan berdasarkan proposal yang diajukan kepala desa yang didalamnya merupakan usulan-usulan kegiatan yang sebelumnya telah dibahas dan disepakati bersama BPD.

Pemerintah daerah, menurut Aunur Rafiq tidak dapat berbuat banyak dalam pembangunan di desa-desa, karena anggaran sudah diserahkan dan dikelola langsung oleh desa.

Oleh sebab itu, Aunur Rafiq berpesan kepada Kepala Desa dan seluruh staf di desa agar dapat menganggarkan Dana Desa ini dengan baik, sehingga dapat dinikmati untuk seluruh masyarakat desa setempat.

Dalam kunjungan kali ini, bupati juga menyempatkan diri berdiskusi dengan kelompok nelayan Kecamatan Ungar yang bertujuan mencari beberapa pendapat yang nantinya akan diusulkan untuk sarana dan prasarana kelautan di Kecamatan Ungar,

Baca Juga :  MTQ Provinsi Ditutup, Karimun Juara Umum

Dalam kunjungannya, Aunur Rafiq didampingi sejumlah pejabat antara lain, Asisten I, II, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kabag Kesra, Kabag Humas dan Camat Ungar.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here