beritakepri.id, Brunei Darussalam-Pangeran Mateen, putra Sultan Brunei Darussalam mengungkapkan bahwa abang kandungnya, Sultan Azim meninggal karena penyakit autoimun.

Penyakit aneh dan belum banyak dipahami banyak orang. Meskipun tidak sedikit orang yang menderita penyakit ini.

Melalui akun Instagram resminya, Pangeran Mateen mengatakan, “Penyakit autoimun adalah suatu kondisi sistem kekebalan yang tidak normal dimana antibodi menyerang jaringan tubuhnya sendiri.

Pada saat yang sama, ia juga menghadapi gangguan bipolar yang membuat perjuangannya semakin sulit.”

Akhirnya, imbuh Pangeran Mateen, “Saudara laki-laki saya meninggal karena kegagalan beberapa organ yang disebabkan oleh infeksi yang terus-menerus, karena penyakit autoimun, yang membuatnya meninggal pada pagi hari tanggal 24 Oktober 2020.”

Baca Juga :  Anak Kedua Sultan Hasannal Bolkiah, Pangeran Azim Meninggal Dunia

Ditambahkannya, “Kami ingin berbagi informasi tentang penyakit-penyakit ini karena saya tahu inilah yang saya alami. saudara ingin. Dia adalah pendukung besar dalam membawa kesadaran ke penyebab yang berbeda.”

Menyerang Sel Sehat

Penjelasan Pangeran Mateen senada dengan yang ditulis oleh portal resmi awalbros.com.

Bahwa, penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

Jadi, tidak bisa membedakan antara sel sehat (sel diri sendiri) dengan benda asing (non self).

Baca Juga :  Camat, Ujung Tombak Maju Mundurnya Negeri Ini

Sistem kekebalan tubuh seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit seperti bakteri dan virus atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Arif Koswandi SpPD-KGEH FINASIM, menuturkan penyakit ini berkembang saat sistem kekebalan tubuh salah dalam menilaisel sehat yang terdapat dalam tubuh, dan malah menganggapnya sebagai zat asing.

Akibatnya tubuh mulai memproduksi antibodi yang akan menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh.

”Penyakit autoimun umumnya lebih banyak menyerang wanita usia produktif, dimana faktor penyebabnya dapat berbeda antara satu penderita dengan penderita lainnya,” kata dr. Arif.

Baca Juga :  Pemilu di Tanjungpinang Berjalan Aman, Lancar dan Kondusif

Dia menjelaskan, penyakit autoimun dapat menyerang hampir semua bagian tubuh seperti otot, saraf, kulit, sendi, mata, ginjal dan lainnya.

Ada sekitar 100 jenis penyakit autoimun yang sering diderita masyarakat di Indonesia. Secara umum penyakit autoimun terbagi dua, yaitu penyakit autoimun sistemik dan spesifik organ. (BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here