Beranda Kepri Batam Badan Bahasa dan Kantor Bahasa Kepri Beri Pelatihan Peningkatan Mutu Fasilitator Pendampingan...

Badan Bahasa dan Kantor Bahasa Kepri Beri Pelatihan Peningkatan Mutu Fasilitator Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Literasi

0
Foto bersama peserta Pelatihan Peningkatan Mutu Fasilitator Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Literasi.F-Humas Badan Bahasa dan Kantor Bahasa Kepri

beritakepri.id, BATAM – Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Pendidikan Kota Batam menggelar kegiatan Peningkatan Mutu Fasilitator Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Literasi dan Modul Literasi Numerasi Tingkat Kabupaten di Kota Batam mulai 28 November 2022 hingga 30 November 2022 yang diikuti oleh 52 peserta dari Kota Batam.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Sahid, Batam Center tersebut sebagai upaya peningkatan kebermanfaatan program literasi di wilayah 3T di Kepulauan Riau setelah sebelumnya sebanyak 643.400 buku telah didistribusi ke 680 SD di Kabupaten Kepulauan Anambas, Natuna, Karimun, Bintan, dan Kota Batam oleh Badan Bahasa serta dipantau oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepri pada Oktober lalu. Turut hadir pada acara pembukaan tersebut tim Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang diwaikili oleh Herlina dan Dedi Apriyanto.

Baca Juga :  Jadi Yang Pertama Disurvei Petugas BPS, Ansar Ajak Masyarakat Kepri Sukseskan Regsosek 2022

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Rahmat, S.Ag., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan pelatihan tersebut sangat diperlukan oleh guru-guru yang sekolah mereka menjadi target distribusi buku literasi numerasi.

“Kita sangat bersyukur Kepri menjadi salah satu provinsi dari 16 provinsi yang mendapatkan hibah buku literasi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbudristek. Buku-buku tersebut merupakan buku-buku bacaan literasi yang bermutu baik karena telah lolos penilaian Pusat Perbukuan dan tentunya berguna untuk menambah akses membaca bagi pelajar SD, terutama bagi sekolah-sekolah di wilayah 3T”.

Baca Juga :  Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis, Rangkaian HPN 2019 Di Kepri

“Setelah buku-buku tiba di sekolah tujuan, hal yang lebih penting dilakukan adalah meningkatan kompetensi para guru SD sasaran penerima buku hibah supaya mampu memanfaatkan dan mengelola buku-buku itu dengan baik. Para guru juga diajarkan cara memahami perjenjangan buku agar dapat diberikan kepada peserta didik sesuai dengan kemampuan membaca mereka”, lanjut Pak Kepala yang berasal dari Aceh itu.

Koordinator Kelompok Kepakaran Layanan Profesional (KKLP) Literasi KBP Kepri, Teguh Madia Tarigan, S,S., dalam laporan panitia menyampaikan bahwa kegiatan serupa juga telah dilakukan bagi 26 guru/pengelola perpustakaan SD sekolah sasaran dari Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna, di Hotel Aston Inn, 14—16 November silam, lalu bagi 38 guru/pengelola perpustakaan SD dari Kabupaten Karimun dan Kabupaten Bintan yang dilaksanakan di Hotel Aston Karimun, 22—24 November 2022.

Baca Juga :  Perayaan HUT Kabupaten Karimun ke 23, Aunur Rafiq Resmikan Karimun Expo Tahun 2022

“Harapan kami tentunya 52 peserta guru atau pengelola pustaka dapat mengimbaskan kembali ke 133 sekolah yang tidak mendapatkan kesempatan ikut pelatihan ini”, tambah Teguh.

Dalam kegiatan tersebut, materi-materi yang diberikan adalah Kebijakan Program Literasi Kantor Bahasa Kepri, Pengenalan dan Perjenjangan Buku Bermutu dan Pengelolaan dan Penataan Buku Bermutu, Membaca Nyaring, Membaca Bersama, Pemanfaatan Modul Literasi Numerasi, dan Implementasi Pemanfaatan Buku Hibah.***

Penulis : Red/Nurulius
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here