Beranda Kepri Tanjungpinang Bangkit Bersatu Menuju Kejayaan di Pentas Global

Bangkit Bersatu Menuju Kejayaan di Pentas Global

0

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Gubernur H Nurdin Basirun bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2019 bertempat di Lapangan Upacara Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/5).

Turut Hadir Wakil Gubernur H Isdianto, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Perwakilan FKPD, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat beserta tamu undangan lainnya. Adapun kompi barisan upacara antara lain: Jajaran TNI-Polri, ASN, Ormas, Mahasiswa dan Pelajar.

Membacakan Pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Nurdin mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”.

Baca Juga :  Ini Jumlah Kenaikan UMK Tanjungpinang 2019

“Kuncinya adalah gotong-royong. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” ujar Nurdin.

Nurdin melanjutkan, meski di gali dari kearifan nenek-moyang yang telah dipupuk selama berabad-abad, namun sejatinya jiwa gotong-royong bukanlah semangat yang sudah renta. Sampai kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan.

Apalagi dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumber daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia. Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang.

Baca Juga :  Ansar Dukung Program One Village One CEO Diterapkan di Kepri

“Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan,” lanjut Nurdin.

Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

“Memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” pungkasnya.

Baca Juga :  Reses, Hendra Jaya Tunaikan Usulan Warga Kapling Arjuna

Selepas upacara, Gubernur beserta Wakil Gubernur, Sekdaprov, perwakilan FKPD beserta Kepala OPD selanjutnya menuju ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti, Jl. Gatot Subroto, Km.5 bawah untuk melakukan ziarah dan tabur bunga sebagai rangkaian dari Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019. (BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here