Beranda Kepri Tanjungpinang Bangkitkan Kepri Sebagai Poros Maritim Dunia

Bangkitkan Kepri Sebagai Poros Maritim Dunia

0
Nurdin Memberi sambutan diacara Wisuda XI dan Dies Natalis ke XI Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (15/9).

Beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Gubernur H Nurdin Basirun mengajak semua mahasiswa yang telah menyadang gelar sarjana untuk mulai merealisasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan. Salah satunya untuk membangkitkan Kepri sebagai poros maritim dunia.

“Adik-adiklah yang menjadi generasi baru melanjutkan pembangunan Kepri agar segera tercapai tujuannya, menjadi poros maritim dunia, sumbangkan pemikiran dan ilmu yang telah kalian dapatkan,” ujar Nurdin dalam sambutannya saat menghadiri Wisuda XI dan Dies Natalis ke XI Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (15/9).

Untuk itu, Nurdin mengajak semua hadirin yang hadir agar dapat memanjatkan doa agar UU tentang daerah kepulauan dapat segera terwujud. Karena ini menjadi perwujudan daerah dan kekuatan hukum yang sah dan baik ke depannya.

Baca Juga :  Serahkan Sertifikat, Serukan Kebersamaan Diperkuat

“Ini jalur ekonomi dunia dan menjadi leader ekonom, dengan banyak hal untuk menjadi leader yaitu perubahan regulasi dan undang undang yang mengatur kemaritiman Indonesia,” lanjut Nurdin.

Apalagi kata Nurdin, sumber daya dunia ada semua di Indonesia. Artinya ini merupakan potensi yang besar bagi dunia, kesejahteraan dan kemakmuran rakyat negeri ini. Fakta ini haruslah dapat dimanfaatkan.

“Kalian inilah yang bisa menjawab tantangan dan pertanyaan ke depan nantinya, menjadikan negeri ini dengan kemakmuran,” tambah Nurdin lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Nurdin juga mengajak para mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi contoh bagi masyarakat sebagai pemberani kebenaran tentang jangan buang sampah sembarangan dan kelola sampah baik dan benar.

Baca Juga :  'Warung Mas Brown' Wajibkan Pengunjung Patuhi Protokol Kesehatan

Sementara itu, Deputi Bidang Maritim Kementerian Kooordinator Kemaritiman Agung Subandono mengatakan Indonesia merupakan Negara maritim dengan 17.000 pulau yang mana sudah hampir 14.000 telah memiliki nama dan ini yang harus terus dikembangkan. Karna aset Negara harus terakomodir untuk dibangkitkan dalam mewujudkan kekuatan di poros maritim tersebut.

“Dengan perbatasan 10 Negara hanya 2 Negara yang bekerja sama tentang undang undang bersama, sedangkan 8 negara sisanya masih dengan konsentrasi dan untuk kerjasama,” kata Agung.

Rektor UMRAH Syafsir akhlus menyampaikan laporan Dies Natalis XI dan Wisuda Sarjana XI dengan mengangkat tema “Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 dengan Cerdas, Jujur dan Mulia”.

Baca Juga :  Masyarakat Terdampak Covid-19 Tanjungpinang Terima Sembako Bantuan Ketua Umum PKB

“Tahun ini Umrah menerima mahasiswa baru sebanyak 1.357 orang, sehingga keseluruhan mahasiswa UMRAH sebanyak 7.383 orang “, kata Syafsir.

Pada 19 Program studi sendiri, sudah terakreditasi B sebanyak 15 Program studi. Pada wisuda kali ini mahasiswa yang mendapat IPK tertinggi ialah Irwanto dari Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan MoU antara Umrah dengan Pemerintah Provinsi Kepri kemudian MoU antara Umrah dengan Universitas Terbuka.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pekonomian Syamsul Bahrum, Pj Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, Kopinda berserta para tamu undangan lainnya.(BK/HMS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here