Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(f.humaspemprovjabar)

beritakepri.id, BANDUNG — Gaji seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan dipotong selama 4 bulan. Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Senin (30/3/2020).

Menurut Ridwan Kamil, pemotongan gaji itu berlaku untuk seluruh ASN, termasuk gubernur dan wakil gubernur. Dan, para ASN bersedia memotong gaji atau tunjangan untuk membantu penanggulangan wabah virus corona atau Covid-19 di Jawa Barat.

“Kita memulai imbauan gerakan menolong ini dari diri kita sendiri. Jadi nanti sedang diatur, ASN Pemerintah Provinsi Jabar yang PNS, gubernur, wakil gubernur, kalau tidak gaji atau tunjangannya akan kita sumbangkan,” ujar Emil.

Baca Juga :  Jokowi: Tak Ada Toleransi Sedikit Pun bagi Pengganggu Pancasila

Emil belum bisa menyebutkan besaran pemotongan pendapatan itu. Namun, besaran pemotongan itu akan disesuaikan secara proporsional, adil dan disesuaikan dengan kemampuan finansial para pegawai.

“Dengan persentase yang adil dan proporsional, ada rentangnya dan disesuaikan dengan kemampuan, akan kita atur seadil mungkin dan seproporsional mungkin,” katanya.

Emil menjelaskan, persoalan wabah virus corona ini sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab bersama, termasuk para ASN.

“Mudah-mudahan ini lah bela negara dari kita, dari para ASN Pemprov Jabar selama 4 bulan ke depan,” ujar Emil.

Baca Juga :  Di RKPD 2020, Ada 3.000 Kegiatan

Ia pun meyakini tidak akan ada penolakan dari para ASN, mengingat pendapatan para ASN sudah meningkat sejak Januari 2020.

“Ini adalah kewajiban bersama kita, jadi tidak ada istilah menolak, tidak menolak. ASN Jabar itu sudah mengalami peningkatan pendapatan yang cukup besar sejak Januari 2020 dengan peningkatan tunjangan,” katanya.

Menurut Emil, pemotongan gaji tersebut tidak akan memberatkan. Meski pendapatan dipotong, para ASN diyakini masih mampu memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga dengan gaji yang diterima.

“Mungkin saya kira tidak akan memberatkan, mereka masih lebih beruntung dibanding profesi lain,” kata Emil.

Baca Juga :  Jadi Anggota DPRD Lagi, Iskandarsyah Langsung 'Tancap Gas' Realisasikan Janji Politiknya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gaji Ridwan Kamil dan ASN Pemprov Jabar Akan Dipotong 4 Bulan”.

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here