Beranda Berita Utama Banyak Makan dan Jangan Takut Dikucilkan, Kunci Sembuh dari Covid-19

Banyak Makan dan Jangan Takut Dikucilkan, Kunci Sembuh dari Covid-19

0

beritakepri.id — Rhesa Haryo Wicaksono (22) membagi kisahnya sebagai salah satu pasien yang sembuh dari Covid-19 di Kota Malang. Menurutnya, selain karena pengobatan yang diberikan oleh dokter, kunci kesembuhannya juga karena kondisi psikis. Rhesa mengatakan, kondisi psikis menjadi faktor kesembuhannya.

“Kalau memang kena, tetap positif thinking. Tidak usah mikir yang tidak-tidak,” kata Rhesa saat diwawancara melalui sambungan telepon, Rabu (1/4/2020).

Rhesa mengatakan, pasien positif corona tidak usah khawatir akan dikucilkan. Sebab, corona merupakan wabah yang menjadi pandemi global.

Baca Juga :  Pertemuan Retno dengan Menlu AS Kesempatan Dalam Menuntaskan Penggunaan Nama Laut Natuna

“Kan biasanya akan takut dikucilkan, tidak usah dipikir kalau itu. Masyarakat juga mengerti kalau ini wabah,” katanya.

Di sisi lain, Rhesa mengatakan, dibutuhkan pola hidup sehat dan imunitas tubuh yang kuat agar terhindar dari corona.

“Kebersihan dan makan yang banyak. Imun bisa diperoleh kalau nutrisi yang masuk banyak,” ujar dia.

Saat ini, mahasiswa semester akhir dari salah satu universitas negeri di Malang ini itu masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Isolasi itu berlangsung hingga dua pekan sejak dirinya pulang dari Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, tempatnya dirawat sebelumnya.

Baca Juga :  Yuk Ikut Sekolah Pasar Modal

“Sekarang masih isolasi mandiri. Isolasi mandirinya dua minggu. Harusnya selesainya Jumat ini. Tapi baru bisa kontrol ke dokter pada 7 April. Makanya sampai 7 April tidak keluar (rumah) saja,” katanya.

Selama di rumah, Rhesa tetap menerapkan langkah pencegahan ketika berinteraksi dengan keluarganya. Salah satunya adalah memakai masker ketika berinteraksi langsung.

Semua anggota keluarganya sudah menjalani tes swab. Hasilnya negatif. Rhesa merupakan pasien sembuh pertama dari virus corona atau Covid-19 di Kota Malang. Rhesa menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Resha dinyatakan sembuh pada Jumat (20/3/2020). Kemudian pada Sabtu (21/3/2020), Resha dipulangkan ke rumah.

Baca Juga :  Rahma Serahkan Bantuan Kepada Warga yang Menjalani Isoman

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cerita Pasien Sembuh dari Covid-19, Kuncinya Banyak Makan dan Jangan Takut Dikucilkan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here