free page hit counter
Bintan

Batam Batik Fashion Week di Bintan, Kenalkan Motif Melayu

beritakepri.id, BINTAN — Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam didampingi beberapa kepala OPD Bintan serta pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bintan hadir di malam pembukaan Batam Batik Fashion Week di Plaza Lagoi Bay, Sabtu (13/7) malam.

Dalam kesempatan ini, Dekranasda Kota Batam memperkenalkan beberapa motif batik asli kota industri itu yang dipamerkan oleh model melalui tiga segment tampilan.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang turut hadir dalam acara tersebut memberi apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Bintan yang turut memberi ruang bagi kerajinan batik ini untuk diperkenalkan.

“Terima kasih dan takzim kami kepada Pemerintah Kabupaten Bintan. Begitu besarnya dukungan yang diberikan untuk kami memperkenalkan batik kebanggan masyarakat kami ini di kancah yang lebih luas,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Bintan Dalmasri Syam dalam sambutannya juga memberi semangat positif bagi masa depan pengrajin batik yang ada di Bintan maupun Batam.

“Ini budaya asli Indonesia. Tiap daerah punya ciri tersendiri, Batam punya seperti ini, Bintan punya seperti ini. Masing-masing punya nilai estetika dan seni. Ke depan kita sama-sama berharap, seluruh pengrajin batik baik di Bintan maupun Batam bisa terus berkreatifitas untuk memperkenalkan motif asli tanah Melayu ini ke dunia luar,” terangnya.

Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi saat menyampaikan laporannya menceritakan bahwa perjalanan panjang kiprah Batik di Kota Batam menjadi semangat tersendiri bagi mereka.

Upaya jatuh bangun nyatanya terus dihadapi demi kesuksesan batik yang harus eksis di Bumi Lancang Kuning.

“Beragam halang rintang kami hadapi dan dapat kami maklumi. Alhamdulillah hingga saat ini, sepuluh motif batik asli Kota Batam terus kami kembangkan dan kami promosikan, salah satunya melalui Batik Fashion Week ini,” paparnya.

Baca Juga :  Semarak Malam Kemerdekaan Kecamatan Bintan Timur

Batam Batik Fashion Week sendiri telah memasuki tahun ketiga.

Sebelumnya digelar di Kabupaten Karimun pada 2017 dan Kota Tanjungpinang pada 2018. Bintan selanjutnya dipilih menjadi lokasi pameran di tahun ini dengan penampilan corak dan fashion modern yang semakin lengkap.

Tak kurang dari 30 style fashion yang dirancang beberapa designer profesional Kota Batam dengan para pengrajin di sana. Kegiatan ini juga turut mengundang antusiasme masyarakat sekitar yang datang untuk berburu Batik maupun melihat pameran yang dilakukan. (BK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *