beritakepri.id, KARIMUN — Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karimun merilis update penanganan pandemi Covid-19 per 26 April 2020. Data tersebut terkait jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga hasil rapid test yang dilakukan.

“Total ODP sebanyak 272 orang, selesai pemantauan 250 orang sehingga tersisa masih dalam proses pemantauan sebanyak 22 orang. Sedangkan total PDP sebanyak 16 pasien, dan tersisa 2 pasien yang masih dalam proses pengawasan,” ujar juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Karimun, Rachmadi, Minggu (26/4).

Baca Juga :  Pasien Positif Covid-19 Berusia 90 Tahun di Karimun Membaik

Rachmadi juga menyampaikan, ratusan ODP sudah menjalani tes cepat dengan alat rapid test.

“404 orang sudah menjalani rapid test antibody, dimana hasilnya 398 orang nonreaktif dan 6 orang reaktif covid-19. Hasil reaktif tersebut belum bisa dipastikan positif karena masih harus menunggu hasil pemeriksaan swab atau tes PCR,” ujarnya.

Dia mengatakan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Karimun saat ini berada di 8 dari 12 Kecamatan.

“Kecamatan Tebing terdapat 4 orang, Kecamatan Karimun 5 orang, Meral 1 orang, Meral Barat 1, Ungar 6 orang, 3 orang, Kundur Barat 1 orang dan Kecamatan Kundur Utara 1 orang,” kata dia.

Baca Juga :  Isdianto : Terima Kasih Tim Dokter dan Tenaga Medis

Berdasarkan matriks laporan Gugus Tugas Covid-19 Karimun, hingga hari ini sebanyak 15.689 Warga Negara Indonesia (WNI) telah kembali ke Indonesia melalui Kabupaten Karimun.

“Dari tanggal 18 Maret hingga 26 April 2020 sebanyak 15.689 warga yang kembali, dimana 6.584 WNI yang berdomisili di Kabupaten Karimun, kemudian ada 9.105 WNI yang berasal dari luar daerah untuk transit di Kabupaten Karimun,” paparnya.

Untuk diketahui, Bupati Karimun terus meningkatkan upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 atau dengan menerbitkan surat edaran seperti pemberlakuan jam malam, imbauan tidak mudik, dan memberlakukan karantina kepada warga yang baru saja pulang dari zona merah di SMP Negeri 2 Tebing Binaan Karimun.

Baca Juga :  Pulang dari Pontianak, Gubernur Beraktivitas di Tanjungpinang dan Karimun

Sedangkan mengenai ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan stok makanan untuk masyarakat, pada Sabtu (18/4/2020) Bupati Karimun telah menyerahkan 2.200 masker kepada 7 kecamatan. Dia mengungkapkan segera membagikan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 yang sudah terdata.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here