Beranda Advertorial Berkah Adipura Untuk Petugas Kebersihan Hingga Sampah Bernilai Ekonomis

Berkah Adipura Untuk Petugas Kebersihan Hingga Sampah Bernilai Ekonomis

0
Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM bersama petugas kebersihan saat acara penyambutan Adipura di lapangan Pamedan A Yani, Kamis (2/3/2023).F-Kominfo Tanjungpinang

Anugerah Adipura 2022 yang kembali diraih Tanjungpinang untuk ke 16 kalinya tahun ini membawa banyak berkah. Tidak hanya berkah bagi sekitar 420 orang petugas kebersihan yang menerima bonus masing-masing Rp 200 ribu dari Baznas Kota Tanjungpinang dan Rp 400 ribu dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kota Tanjungpinang juga akan segera memulai pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM mengatakan mesin tersebut merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, yang sangat sukar terurai secara alami. Mesin destilator sampah plastik tersebut, ucap Rahma, sedang dalam proses pengiriman dan nantinya akan ditempatkan di tempat pembuangan akhir.

Baca Juga :  Hari Jadi ke-237 Tanjungpinang, Pemko Gelar Ziarah Makam Leluhur
Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM saat menerima piala Adipura dari Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah.F-Kominfo Tanjungpinang

“Kita buat percontohan dulu. Jika berhasil, tentu penggunaannya akan diperluas lagi hingga masalah sampah plastik yang sukar terurai bisa ditangani. Pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, merupakan target kita ke depan,” ucap Rahma, di sela acara penyambutan Adipura di lapangan Pamedan A Yani, Kamis (2/3/2023).

Sebelumnya, Rahma bersama Endang Abdullah melakukan arak-arakan piala Adipura dari Kantor Wali Kota menuju ke lapangan Pamedan A Yani. Arak-arakan tersebut mendapat sambutan luas dari masyarakat yang dilewati konvoi piala Adipura.

Baca Juga :  Saka Bahari Elang Samudera Binaan Lanal TBK Raih Juara Umum Sail Tidore 2022

Pada acara penyambutan di Pamedan A Yani, Rahma mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh petugas kebersihan, aktivis dan penggiat lingkungan, RT/RW, dan seluruh masyarakat yang turut peduli terhadap upaya menciptakan Tanjungpinang yang bersih dan lestari. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh jajaran Forkopimda, yang aktif dan secara langsung ikut terjun dalam upaya menciptakan kebersihan di Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM menyuapi tumpeng kepada salah satu petuagas kebersihan.F-Kominfo Tanjungpinang

Lebih jauh, Rahma mengatakan saat ini Tanjungpinang sudah memiliki 52 bank sampah yang tersebar di 18 kelurahan. Eksistensi bank sampah ini, sambungnya, merupakan salah satu manajemen pengelolaan sampah yang ikut andil membentuk budaya baru masyarakat Tanjungpinang untuk menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis. Hingga, masyarakat tidak serta merta membuang sampah ke tempat-tempat pembuangan sementara.

Baca Juga :  Bentuk Ucapan Terimakasih, Rusdi : HUT PDIP di Natuna Bagikan Tumpeng ke Masyarakat

“Terima kasih kepada semua pihak. Bersama-sama kita akan menjadikan Tanjungpinang yang lebih bersih dan sehat. Jika dikelola dengan baik, sampah sekalipun akan memiliki nilai ekonomi. Dan ini akan turut berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Rahma.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here