Beranda Kolom Info Bingung Unduh dan Instal Patch Dapodikdasmen Versi 2020.b? Baca Caranya di Sini

Bingung Unduh dan Instal Patch Dapodikdasmen Versi 2020.b? Baca Caranya di Sini

0
dapodikdasmen 2020.b

Bingung Unduh dan Instal Patch Dapodikdasmen Versi 2020.b? Sebenarnya Anda tidak perlu mengalaminya jika mengetahui perubahan yang dilakukan dan memahami secara mendalam. Namun nyatanya masih banyak yang gagal mengunduh dan menginstal patch Dapodikdasmen Versi 2020.b.

Aplikasi ini pasti familiar dengan operator Dapodikdasmen di sekolah, namun bagi masyarakat awam mungkin baru. Dapodik adalah data pokok pendidikan yang merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu.

Ia merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional. Dapodik disusun untuk mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan mampu bersaing.

Perhatikan Hal Berikut

Sebelum melakukan pengunduhan operator seyogyanya, ada hal-hal yang harus diketahui operator sekolah:

Paham Perubahan Dapodikdasmen

Dengan memahami beberapa perubahan yang dilakukan Dappdikdasmen maka operator sudah mendapatkan gambaran. Setidaknya, karena ia selama ini sudah mengentry data di sekolahnya ia akan tahu oh bagian ini yang diperbaiki, oh bagian itu yang diubah dan sebagainya.

Baca Juga :  4 Manfaat Jambu Air, dari Daun hingga Batang

Keuntungan lainnya dengan mengetahui perubahan tersebut, akan memperkecil peluang melakukan kesalahan entry data.

Merugikan Sekolah

Ingat, kesalahan sekecil apapun yang terjadi saat memasukkan data akan merugikan sekolah. Karena aplikasi Dapodikdasmen ini memang dibuat dengan data yang langsung tersinkron dengan server pusat.

Kesalahan memasukkan data salah satunya berkibat operator harus menunggu lama. Karena tak jarang data yang dimasukkan akan berubah dalam waktu hingga 24 jam.

Teliti dan Cek Ulang

Usahakan saat menginput data Dapodikdasmen agar menghindari kesalahan. Bila perlu lakukan pengecekan ulang, apakah data yang dientry sama dengan data sumber. Lebih baik membutuhkan waktu lama untuk melakukan pegecekan ulang daripada harus menanggung kesalahan kelak.

Link Unduhan

Sebenarnya link unduhan Dapodikdasmen Versi 2020 b ini bisa Anda cari di halaman resminya, namun bagi operator sekolah yang baru atau awal melakukannya berikut ini adalah tautan yang dapat digunakan untuk mengunduh aplikasi Dapodikdasmen 2020 b dengan cepat dan mudah.

Baca Juga :  Covid-19, Anjing dan Kucing Diminta Terapkan Social Distancing

Pertama Anda harus masuk ke alamat berikut ini:
https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Apa perlunya masuk ke sini? Sebab di sinilah dijelaskan hal-hal penting tentang tentang perubahan Dapodikdasmen.

Selanjutnya klik tautan berikut ini http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Patch_Dapodik_2020.b.exe atau Anda bisa melakukan pengunduhan pada link alternatif yang sudah dicantumkan.

Itulah pink-link penting yang bisa Anda pergunakan untuk melakukan pengunduhan aplikasi dunia pendidikan.

Tahap selanjutnya ialah penginstalan patch dapodikdasmen versi 2020 b. Sekarang kita asumsikan aplikasi sudah terunduh di komputer.

Cara Instal Patch Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b
Ikuti uraian ini agar Anda sukses melakukan patch pada dapodikdasmen lama dengan versi 2020.b atau versi terbaru.

  • Pertama, wajib melakukan login ke halaman dapodikdasmen menggunakan user dan password sekolah tempat Anda bekerja.
  • Kedua, klik menu pembaharuan aplikasi. Akan muncul link versi terbarunya, selanjutnya klik tombolnya.
  • Ketiga, setelah rampung melakukan proses pembaharuan jangan langsung seketika itu menutup browser aplikasinya. Mengapa mas? Karena kalau Anda tutup maka harus mengulangi lagi pembaharuannya.
  • Keempat, langkah terakhir yang harus Anda lakukan ialah memuat ulang halaman. Proses ini akan menampilkan halaman yang sudah Anda perbarui. Memuat ulang atau refresh halaman bisa dilakukan dengan tombol cepat Ctrl + F5.
Baca Juga :  Ivermectin, Obat Kutu Diyakini Efektif Bunuh Virus Corona

Sekarang Anda sudah memiliki aplikasi dapodikdasmen paling anyar. Lakukan pengecekan datanya dan lengkapi apa yang diminta.

Di beberapa sekolah, persoalan yang dihadapi para operator ialah lambatnya jaringan internet. Kondisi ini beberapa kali disampaikan pihak operator yang ada di daerah terdepan, terluar dan terpencil.

Untuk itu, agar pengunduhan dan langkah patch berhasil dengan baik usahakan mendapatkan jaringan internet yang stabil. Demikian cara mengunduh dan menginstal aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here