Virtual meeting dan silaturahmi kepala BNPT RI Dr Boy Rafly Amar, MH dan para pejabat BNPT dengan seluruh ketua FKPT se Indonesia pada Selasa (19/5/2020).

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Masa pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga berakhir. Sejumlah anggaran kegiatan yang mestinya digelar Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme di setiap provinsi dialihkan untuk anggaran Penanggulangan Covid-19.

Demikiajn diungkapkan Ketua FKPT Provinsi Kepri Dr Fauzi dalam virtual meeting dan silaturahmi kepala BNPT RI Dr Boy Rafly Amar, MH dan para pejabat BNPT dengan seluruh ketua FKPT se Indonesia pada Selasa (19/5/2020).

Fauzi menyebutkan, dalam penanggulangan penyebaran Covid-19, idealnya gubernur di setiap provinsi memasukan FKPT dalam bagian di Gugus Tugas Penaggulangan Covid-19.
Bencana non alam ini, merupakan bagian dari teror dan dampaknya sangat luas.

Baca Juga :  Wahai Pemilik Masa Depan, Jangan Merusak Diri dengan Hal Kurang Baik

“BNPT melalui FKPT di setiap daerah mesti dilibatkan untuk bersama-sama mengatasi masalah bersama ini,” ujanya.

Dalam silaturahmi dengan ketua BNPT itu, Deputi BNPT menyebutkan pemerintah provinsi mestinya memasukan FKPT. Masa pandemi ini dikhawatirkan dimanfaatkan oleh aliran radikalisme dengan berbagai cara.

Kata Fauzi ia juga menanyakan kemungkinan anggaran kegiatan FKPT yang tidak dilaksanakan bisa dialihfungsikan ke kegiatan untuk membantu masyarakat dalam pencegahan penuran covid-19 ini.

“Deputi 1 dan Kasubdit pemberdayaan masyarakat Dr Andi Intang Dulung menyebutkan, jika tidak ada pemotongan anggaran lagi maka usulan itu akan dipertimbangkan karena merupakan masukan yang sangat baik,” sebut Fauzi menceritakan diskusi online tersebut.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Dukung Pembangunan Pengolahan Limbah Minyak dan Reception Facilities

Untuk rencana perubahan sistem kegiatan FKPT yang kemungkinan diganti dengan sistem meeting zoom atau webex kedepannya, hal itu akan dibahas langi dengan pimpinan BNPT.
Menurutnya, diskusi itu juga banyak membahas upaya mencegah teroris di tengah perubahan-perubahan perilaku baru.

“BNPT dan FKPT cukup memiliki kemampuan dalam upaya mencegah tangkal radikalisme dan teroris dan kemampuan itu juga cukup baik jika diterapkan dalam membantu pemerintah dalam upaya cegah tangkal penyebaran virus di masa pandemi ini,” terangnya.

Kata Fauzi, Kepala BNPT Komjen Pol. Dr Boy Rafli Amar MH dalam video teleconference dengan 32 perwakilan FKPT menyampaikan arahan pokok-pokok kebijakan Penanggulangan Terorisme di tengah Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Bantuan APD, Bentuk Kerja Sama Indonesia-Singapura Perangi Covid-19

“Kepala BNPT mengapresiasi seluruh Ketua FKPT dan jajaran pengurusnya yang telah membantu masyarakat terdampak akibat covid-19 di daerah masing-masing. Beliau mengimbau seluruh FKPT di Indonesia untuk mengikuti imbauan pemerintah serta membantu menyosialisasikan kegaiatan pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran covid-19,” terangnya.

Masih kata Fauzi, FKPT juga diminta untuk selalu menyampaikan narasi-narasi kedamaian, cinta tanah air, wawasan kebangsaan ke ruang publik secara offline maupun online dan membangun kerja sama dengan semua sektor.

“Bangun kerja sama dengan pemerintah daerah, ormas perguruan tinggi untuk sama sama memberantas terorisme,” pungkasnya.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here