Beranda Kepri Karimun Bupati Karimun Prioritaskan Pembangunan untuk Tiga Kecamatan

Bupati Karimun Prioritaskan Pembangunan untuk Tiga Kecamatan

0
Bupati Karimun Aunur Rafiq Musrenbang tingkat kecamatan..

beritakepri.id, KARIMUN —Demi untuk mensukseskan pembangunan yang merata di Kabupaten Karimun terkait adanya usulan dari masyarakat yang disampaikan ke tiap-tiap kelurahan yang ada di Kabupaten Karimun untuk disampaikan kepada masing-masing kecamatan, Baperlitbang mengadakan kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan yang disejalankan dengan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2020 untuk perencanaan pembangunan tahun 2021 di Gedung Nilam Sari, Kamis (05/03/2020).

Djunaidi Kepala Baperlitbang Kabupaten Karimun saat di wawancara awak media, mengatakan, Alhamdulillah kegiatan musrenbang tingkat kecamatan dan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyusunan Rancangan Kinerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 dalam tahun 2020 ini telah sukses dilaksanakan.

Lanjutnya, Insya Allah hasil diskusi ini akan dibahas kembali pada musrenbang tingkat Kabupaten bersama stakeholder yaitu seluruh OPD dan tokoh masyarakat terkait yang mendapatkan RKPD pada tahun 2021 di tahun 2020 ini

Baca Juga :  Aunur Rafiq Wisuda 186 Santriwan dan Santriwati di Ungar

Djunaidi juga mengharapkan dalam pelaksanaan ini akan mendapatkan perencanaan yang lebih baik lagi dan untuk tahun 2020 ini alat yang digunakan berbasis Teknologi Informasi (IT) yang terkoneksi langsung ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, sehingga tidak ada usulan yg tidak berdasarkan daripada rencana awal pemerintah daerah yang sudah disusun dengan OPD.

Sementara Bupati Karimun H. Aunur Rafiq ketika di wawancara usai acara musrenbang menyampaikan, hari ini sama-sama kita melaksanakan kegiatan Forum OPD yaitu rapat koordinasi antara dinas-dinas, Badan-badan, Bagian-bagian serta Camat-camat dalam mensinergikan kegiatan yang sudah diusulkan masyarakat yang tentu harus dibahas di tingkat OPD, dalam rangka nantinya kita akan melaksanakan musrenbang tingkat kabupaten

Baca Juga :  Aunur Rafiq Wisuda Ratusan Santri TPQ se-Kundur Utara Tahun 2022

Disampaikan Rafiq lagi, kenapa kita perlu melakukan forum OPD adalah untuk mensinergikan antara kegiatan bagi masyarakat dan teknokrat yang dilakukan oleh kita dalam rangka menyusun skala prioritas pembangunan yang tertuang dalam perencanaan pemerintah daerah tahun 2020.

Adapun prioritas pembangunan itu diantaranya,

1. Peningkatan kualitas hidup dan layanan dasar seperti Pendidikan, Listrik, dan Kesehatan.

2.Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan Masyarakat.

3.Pemerataan Infrastruktur Berbasis Lingkungan Hidup.

4. Peningkatan Nilai Keagamaan dan Pelestarian Seni Budaya.

5. Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan.

Baca Juga :  Kunjungi Kanwil DJBC Khusus Kepri, Ansar Ajak Perkuat Sinergi Mengembangkan Potensi Laut Kepri

Pembangunan yang kita tuangkan di Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah RAPBD) Kabupaten Karimun yang akan di prioritaskan pembangunan infrastrukturnya ada 3 kecamatan yaitu Kecamatan Belat, Kecamatan Durai dan Kecamatan Ungar.

Pembangunan disana itu yaitu pembangunan jalan dan pelabuhan, namun yang di prioritaskan ialah jalan, disebabkan seperti di Kecamatan Belat itu dari permintaan masyarakat, mereka meminta harus ada jalan aspal agar masyarakat disana bisa saling terhubung antar desa.

Untuk anggarannya bisa melalui dana APBD, DAK, APBD Provinsi dan pada intinya akan kita usulkan sesuai kemampuan kita.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here