Beranda Kolom Info Daftar Aplikasi untuk Belajar dari Rumah Gratis

Daftar Aplikasi untuk Belajar dari Rumah Gratis

343
0
aplikasi belajar dari rumah

Terjadinya pandemi corona atau Covid-19 menyebabkan kegiatan belajar mengajar di Indonesia harus diliburkan. Dari TK hingga perguruan tinggi, pemerintah mengimbau untuk belajar di rumah.

Untuk memudahkan para pelajar dan mahasiswa bisa tetap belajar, maka pemerintah dan swasta bersama-sama meluncurkan berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk belajar di rumah.

Bagi kalian yang membutuhkan informasi tentang aplikasi yang bisa digunakan di rumah, berikut daftarnya:

Google Suite for Education

Google tak tinggal diam dengan kondisi dunia pendidikan di tengah kirisis Covid-19. Maka lahirlah Google Suite for Education yang menyediakan fitur-fitur untuk membantu siswa dan guru. Dengan aplikasi ini guru dan siswa bisa belajar dari mana pun.

Salah satu fitur yang ada adalah Classroom. Guru bisa membuat “kelas” yang diikuti oleh siswa-siswanya. Dalam “kelas” tersebut, guru bisa melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan penilaian, bahkan streaming video.

Office 365 for Education

Merupakan aplikasi besutan Microsoft yang mencakup fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya.

Dengan layanan ini, guru dan murid bisa menciptakan ruang kelas yang terus terkoneksi secara online. Layanan ini bisa diperoleh secara gratis hanya dengan memasukkan alamat email sekolah yang sah dalam laman Microsoft Indonesia yang membahas tentang produk Office 365 Education.

Rumah Belajar

Aplikasi ini dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Baca Juga :  Berikut Keuntungan Belanja di Shopee Selama Kampanye #BelanjaDariRumah

Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Sekolah Online Ruangguru

Ruanguru merupakan aplikasi kursus atau les online yang cukup populer di Indonesia. Selama Covid-19, aplikasi ini menggratiskan penggunaannya.

Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat.

Tak ubahnya sekolah seperti biasa, siswa juga dapat mengetahui apa yang akan dipelajari di jam dan hari tertentu. Karena semuanya telah dicantunkan di sini, berupa rincian jadwal pembelajaran.

Di setiap sesi live teaching dalam Sekolah Online Ruangguru, siswa juga dapat mengajukan pertanyaan serta berdiskusi bersama pelajar lain melalui fitur live chat.

Zenius Education

Aplkasi belajar di rumah yang dirancang Zenius juga menggratiskan akses ke video pembelajaran di seluruh platformnya untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri .

Selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dengan format whiteboard yang diklaim memerlukan kuota internet paling hemat.

Baca Juga :  Ini Waktu Berjemur Paling Baik untuk Imunitas Cegah Covid-19

Guru juga dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.

Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan beragam materi ajar yang bisa diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. Materi pelajaran yang disediakan telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Saat ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah pandemi corona.

Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu guru dari berbagai sekolah.

Kelas Pintar

Kelas Pintar juga memberikan akses gratis untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia yang tengah belajar di rumah. Kelas pintar menyediakan beragam materi ajar untuk para siswa.

Terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online. Kemudian, fitur Tanya yang bisa digunakan siswa untuk bertanya kepada guru secara online mengenai materi ajar atau soal.

Quipper School

Mendukung kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah, perusahaan edutech Quipper menggratiskan Quipper School, platform learning management system (LMS) yang menawarkan cara belajar inovatif dan mudah digunakan baik untuk para guru maupun siswa.

Baca Juga :  Bingung Unduh dan Instal Patch Dapodikdasmen Versi 2020.b? Baca Caranya di Sini

Dengan menggunakan Quipper School, guru dapat mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Siswa pun dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas secara online melalui perangkat digital

Cakap

Sebagai salah satu pemain ​ed-tech di Indonesia, Cakap menyediakan online platform sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar di Indonesia.

Dengan menggunakan metode interaksi dua-arah, yang didukung oleh teknologi, Cakap mengembangkan solusi layanan untuk pendidikan, atau biasa disebut ​Education As A Service (EAAS).

Tersedia di Google Play dan App Store, Cakap berbeda dari platform aplikasi lainnya, sebab Cakap berfokus pada pembelajaran bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin dan Jepang, yang menawarkan berbagai metode pembelajaran.

Kipin School

Kipin School 4.0 hadir dalam aplikasi yang berisi ebook, video, latihan soal dan bacaan literasi, yang bisa diunduh gratis lewat smartphone dan tablet berbasis android dan iOS, juga PC yang berbasis Windows 10.

Isi app Kipin School 4.0 disebut sesuai dengan kurikulum yang diajarkan disekolah-sekolah saat ini, yakni 2500 buku pelajaran sekolah mulai dari SD,SMP,SMA & SMK. Semua buku-buku tersebut diterbitkan oleh Kemendikbud.

Selain itu, ada lebih dari 1000 video pembelajaran kelas yang dibawakan oleh guru-guru di sekolah dan dibawakan di kelas-kelas secara sesungguhnya, sehingga anak-anak yang menonton video di app seolah hadir sendiri di kelas. ***

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here