free page hit counter
BatamKepri

Dalam 3 Tahun, SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam Cetak 132 Alumni

beritakepri.id, BATAM — Dalam tiga tahun terakhir ini, SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam berhasil mencetak 132 Alumni taruna-taruni yang siap bersaing di dunia kerja dan dunia pendidikan lanjutan.

Sabtu malam (25/5/2019), sekolah penerbangan yang dikelolah oleh Yayasan Pendidikan Sapta Lencana ini baru saja melepas 43 taruna taruni tahun ajaran 2018/2019 angkatan ke III yang di kenal Tri Dharma Prasetya.

Sebelumnya, pada tahuan ajaran 2017/2018 SMK Penerbangan DPN Dirgantara Batam yang beralamat di Komplek Eden Park, Batam Center ini meluluskan sebanyak 65 Alumni angkatan kedua dan pada tahun ajaran 2016/2017 pada angkatan pertama menelorkan sebanyak 24 orang.

Ketua Yayasan yang juga Pembina Pendidikan Sapta Lencana Erwin Depari mengatakan peranan pembina ataupun pelatih maupun tenaga didik di SPN Dirgantara ini sangat pendidikan dalam mendidik, membentuk, dan membimbing taruna-taruni selama menempuh pendidikan.

“Untuk pembentukan karakter serta kedisiplinan taruna-taruni di SMK Penerbangan SPN Dirgantara peranan pembina dan pelatih sangat penting,” kata Erwin usai pelepasan taruna-taruni angkatan ketiga di Gedung Politeknik Negeri Batam, Sabtu (25/5/2019) malam.

Menurut Erwin, pembentukan karakter dan kedisiplinan sangat penting di sekolah ini guna untuk mendidik taruna-taruni yang profesional, terdidik, terampil di dunia kerja.

“Karena jika tidak disiplin bisa berdampak pada pekerjaan nantinya termasuk berdampak pada orang lain, pemimpin ataupun lingkungan kerja,” ujarnya ketika menyampaikan didampingi Kepala Sekolah SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam, Susila Dewi.

Ketika ditanya penempatan lulusan SMK Penerbangan ini setelah lulus? Erwin memaparkan, tidak sedikit yang langsung bekerja maupun melanjutkan kuliah ke Perguruan tinggi penerbangan dan pelayaran di Pulau Jawa.

“Alumni kita yang diterima bekerja di BAT (Batam Aero Teknik) hanggar Lion di Bandara Yang Nadim ada sebanyak sembilan orang,” ucap Erwin.

Baca Juga :  Jadi Wajah Baru, Ekonomi Makin Menderu

Selain itu, sambung dia, banyak juga yang menempuh pendidikan lanjutan dibidang teknisi dan pramugari di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta (STTKD).

“Alumni yang melanjutkan ke UNUR (Universitas Nurtanio Bandung ada sebanyak 4 orang. Selain itu mereka juga ada ATKP (Poltek Penerbangan, STTA (Sekolah tinggi Teknologi Adi Sucipto, STPI (Sekolah Tinggi Pelayaran Indonesia) dan termasuk yang berwirasta seperti travel dan lain-lain,” paparnya.

Erwin berharap kedepannya, SMK Penerbangan DPN Dirgantara Batam yang dikelolanya ini dapat meluluskan generasi muda yang energik dan potensial serta dapat melahirkan calon-calon pemimpin yang handal khususnya di dunia penerbangan dengan berbekal pendidikan yang ada.

“Makanya untuk mencapai itu semua, taruna-taruni kita di sini disampin akademis juga dibarengi dengan pembentukan karakter dan kedisiplinan yang merupakan modal untuk meraih sukses,” imbuhnya.

Ia berpesan kepada lulusan SLTP sederajat yang ingin menimba ilmu di SPN Dirgantara Batam masih membuka pendaftaran bagi calon taruna-taruni baru tahun ajaran 2019/2020. ” Saat ini sudah terisi 55 kursi dari 100 kursi yang tersedia,”

Ada dua jurusan yang disediakan SMK Penerbangan Dirgantara Batam yaitu pertama, Air Frame & power plant maintenance (Motor dan Rangka mesin pesawat udara) dan Avionic Eletrik Instrument Maintenance (Pemeliharaan Avionik dan Elektronika Pesawat udara. (R/helmy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *