Beranda Berita Utama Danlanal Karimun Pimpin Proses Evakuasi Laka Laut

Danlanal Karimun Pimpin Proses Evakuasi Laka Laut

0
Tim kapal Patkamla dari Lanal TBK melaksanakan proses evakuasi muatan TB Mega Daya yang mengalami laka laut diperaian Selat Malaka pada, Kamis (26/05/2022).F-Istimewa

beritakepri.id, KARIMUN – Danlanal TBK Letkol Laut (P) Joko S memimpin langsung proses evakuasi Laka laut yang dialami TB. Mega Daya 43 yang menarik Tongkang Marcopolo 188 yang bermuatan kontainer di Perairan Selat Malaka.

Diterangkan, Joko S bahwa pada hari Kamis 26 Mei 2022 Pukul 05.55 WIB Personil Takong Iyu dan Patkamla Karimun melaksanakan SAR terhadap TB. Maju Daya 43 & Tongkang Marcopolo 188 yang mengalami laka Laut di Perairan Selat Malaka Pada posisi : 1Ā°10.191’NĀ  103Ā°26.301.

Penyebab kejadian Laka Laut diduga akibat cuaca buruk, angin kencang serta gelombang kuat, sehingga barang muatan berupa Container/Peti kemas jatuh kelaut sekitar 18 unit kontainer.

Nama Kapal : TB MEGA DAYA 43 (1) GT : 135 no 7505/ppm
Tanda penaftaran : 2018 ppm.no 4842/L
Pemilik : PT PELAYARAN SINAR GRATIA NUSANTARA
Nahkoda : Julianto Panjaitan
Bendera : Indonesia
Jumlah ABK 10 termasuk Nahkoda (selamat)

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Tiba di Lembata, NTT

Daftar Crew List Kapal
Ulianto Panjaitan Nahkoda.
Adi Syahputra Pohan Mualim 1.
Dimas Wahyu Aulia Mualim 2.
Dicky Rivandi Siregar KKM.Satria Yani masinis 2
Bayu Badra masinis 3,SafitriĀ  S. AB,Candra Loka AB,Gunawan Oiler,Taufik Hidayat Cooker.

Data Tongkang Nama : TK. MARCOPOLO 188
GT 1995Ā ,Pemilik Eng Lee Shipping Co. Pte.Ltd
,Muatan 195 unit Container :
Ukuran 40 Fit ; 87 unit
Ukuran 20Ā  Fit : 108 Unit

Kronologis Kejadian Tugboat Mega Daya 43 / TK. Marcopolo 188.Kamis 26 Mei 2022 Tug Boat Mega Daya 43 yang menggandeng Tongkang Marcopolo 188 sedang melakukan pelayaran dari IKKP Perawang dengan tujuan singapore. Pada pukul 00.30 WIBĀ  posisi kapal 10 mil arah nipah Nakhoda TB Mega Daya 43 mengunstruksikan crew untuk melakukan pemendekan tali towing.

Pada pukul 00.45 WIB tali berhasil diperpendek sampai ke second towing, saat itu tongkangĀ  sudah terlihat miring ke kiri dengan sudut kemiringan sekitar 30 derajat selanjutnya nakhoda memberi arahan untuk memanjangkan towing kembali.

Baca Juga :  Pemerintah Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Hari ini
Danlanal TBK Letkol Laut (P) Joko S

Pada pukul 00.50 WIB chipĀ  officer TK. Mega Daya 43 melakukan komunikasi dengan pihak kantor / agen dan nakhoda segera merubah haluan menuju Pulau Karimun guna meminta ijin untuk mengandaskan tongkang.

Pada saat proses tarik menuju Pulau Karimun tepatnya pukul 01.45 WIB sebagian container yg berada di Tongkang Marcopolo 188 sebagian telah jatuh ke laut dengan total yang terapung terlihat diatas air sebanyak 18 container.

Kondisi tongkangĀ  semakin miring dengan sudut perkiraan 60 derajat. Selanjutnya Nakhoda menginstruksikan kepada crew agar segera melepas tali towing. Kemudian TB. Mega Daya 43 mengapung di sekitar tongkang untuk menunggu bantuan.

Unsur SAR sbb KRI Parang 647 (BKO Guskamla), KRI Pulau Rusa 762 ( BKO Guspurla),
– Boat fiber 2Ɨ200 Posal Takong iyu
– Boat tiber 1Ɨ200 Posal Takong Iyu, Sea Rider Lanal TBK, Patkamla P. Karimun Lanal TBK dan Speedboat Polairud KP1002 Polres Karimun

Baca Juga :  Isdianto Sambangi Kediaman Ketua LAM Natuna

Melaksanakan pengamanan alur pelayaran dari bahaya navigasi kontainer-kontainer yang mengapung, Melaksanakan koordinasi dengan Unsur gelar KRI dan KSOP Tg. Balai Karimun guna membroadchast agar kapal-kapal yang berlayar di area tsb meningkatkan kewaspaspadaan.

Saat ini Patkamla P. Karimun dan Sea Rider Lanal TBK melaksanakanĀ  perbantuan proses evakuasi yang dilakukan oleh TB. Maju Daya 33 dan BG. Sinar LestariĀ  (dikirim oleh owner).

TK. Maju Daya 43 dan TK. Maju Daya 33 melaksanakan evakuasi sementara guna keamanan barang agar tidak mengganggu alur pelayaran sambil menunggu Tim Salvage didatangkan dari Jakarta.

Sampai saat ini kegiatan masih berlangsung dengan aman, tutur Komandan dengan dua melati dipundaknya itu.***

Penulis : D Tambunan
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here