Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kepri, Isdianto membagi ribuan masker gratis kepada masyarakat Kota Batam.

beritakepri.id, BATAM — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kepri, Isdianto membagi ribuan masker gratis kepada masyarakat Kota Batam. Pembagian itu dilakukan di Pasar Mitra Raya Batamcentre dan Pasar Puja Bahari, Jodoh, Kamis (8/4) pagi. Sambil membagikan masker, Isdianto juga memantau persediaan bahan makanan dan mengimbau masyarakat tetap menjalankan prinsip physical distancing.

“Terima kasih Pak (Plt) Gubernur. Payah sekarang nyari masker ini,” kata seorang pedagang ikan di Pasar Mitra Raya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan pedagang dan pembeli yang mendapat masker itu. Kadang di beberapa titik, Isdianto diserbu ibu-ibu yang belanja untuk mendapatkan masker. Namun, Isdianto tetap mengimbau untuk menjaga jarak dan tak rebutan karena pasti mendapatkan maskernya.

Baca Juga :  Soal Labuh Jangkar, Menhub Silakan Kepri Eksekusi

Kepada masyarakat atau pedagang yang tidak menggunakan masker, Isdianto minta untuk langsung dipasang. Karena, sesuai imbauan badan kesehatan dunia, ketika berada di luar rumah, harus menggunakan masker. Malah beberapa coba dibantu dipasangkan oleh Isdianto, karena sedang membawa barang belanjaan.

“Virus ini tak nampak, kita tidak tahu siapa yang membawa dan siapa yang kena. Mari kita sama-sama menjaga dengan menggunakan masker,” kata Isdianto.

Dalam aksi menyerahkan masker itu, Isdianto didampingi Ketua TP PKK Kepri Hj Rosmeri Isdianto. Hadir juga Kadis Kesehatan Tjetjep Yudiana, Kadis Pariwisata Buralimar dan Tenaga Ahli Gubernur H Herizal Hood. Tim PMI Kepri juga terlibat dalam pembagian masker itu.

Pembagian masker tersebut dalam rangka Gerakan Sosial Peduli Palang Merah Indonesia Provinsi Kepulauan Riau. Juga sosialisasi kepada para pedagang pasar dan masyarakat yang sedang berbelanja agar selalu menggunakan masker ketika berada di tengah keramaian dalam upaya pencegahan penularan covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Mendaftar di Golkar, Candra Ibrahim Buktikan Keseriusan

Awal pekan ini, Plt Gubernur Kepri ini sudah mengeluarkan imbauan agar masyarakat menggunakan masker saat di luar rumah. Dalam kondisi sakit atau tidak sakit, masker harus digunakan untuk saling menjaga.

“Anjuran ini pun sudah disampaikan badan kesehatan dunia. Bersama-sama kita ikuti imbauan itu, untuk diri kita, dan untuk Kepri yang semakin sehat,” kata Isdianto.

Dengan menggunakan masker, kata Isdianto, semua berperan saling menjaga dan menangkal sebaran semakin luas. Juga tidak jadi carrier untuk orang lain yang bertemu, dan tidak tahu dengan kondisi kesehatannya.

Baca Juga :  Syahrul Terima Penghargaan sebagai Tokoh Peduli Remaja Masjid

Isdianto juga berdialog dengan pedagang tentang kondisi bahan makanan. Rata-rata para pedagang menyebut dalam kondisi aman. Demikian juga pasokan makan laut dalam kondisi stabil. Masyarakat yang belanja pun tidak melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Kepada masyarakat, Isdianto minta untuk mengikuti imbauan pemerintah. Setelah aktivitas belanja di pasar untuk segera kembali. Jika tidak ada hal yang mendesak, untuk tetap berada di rumah.

Usai membagikan masker di Pasar Mitra Raya, Isdianto dan tim bergerak menuju Pasar Puja Bahari Jodoh. Di sini Ketua PMI Kepri ini disambut masyarakat yang sedang beraktivitas dengan jual beli kebutuhan pokok.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here