whatsapp dark mode

APLIKASI chat terpopuler, WhatsApp akhirnya merilis secara resmi fitur dark mode. Dark mode adalah fitur di mana tampilan latar aplikasi ini terlihat hitam, sementara untuk tulisannya berwarna putih dengan notifikasi hijau.

Peluncuran fitur ini disampaikan WhatsApp melalui sebuah video yang berjudul “Hallo Darkness” yang ditayangkan pada akun Twitter mereka hari Rabu (4/3/2020).

Bagi para penggunanya, fitur ini dianggap sudah terlalu mana untuk ditunggu. Soalnya sejumlah platform seperti Yiutube dan Apple sudah menerapkannya terlebih dahulu.

Oleh karenanya, selain kegembiraan tak sedikit warganet yang mengungkapkannya dengan meme yang membuat geli untuk menyampaikan pesan terlalu lamanya WhatsApp merilis fitur ini. Salah satunya ada warganet mengunggah potongan video film Titatnic yang menampilkan nenek dengan tulisan sudah sekian puluh tahun. Begitulah warganet hehe.

Baca Juga :  6 Fitur Tersembunyi Insta Stories, Bisa Ubah Tulisan Penuh Warna

Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp

Kalian pasti ingin memiliki tampilan WhatsApp terbaru, bukan? Perlu dicatat bahwa fitur dark mode ini bisa dinikmati baik pengguna android atau iOS. Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13, kamu cukup mengaktifkan fitur dark mode dari sistem dan tampilan WhatsApp akan mengikuti secara otomatis.

Nah, bagi kalian yang masih menggunakan Android 9 langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Perbarui WhatsApp kalian sehingga menampilkan versi update.
2. Selanjutnya cukup membuka aplikasi WhatsApp.
3. Pilih Seting dari menu list di kanan atas.
4. PIlih Obrolan atau Chat.
5. Pilih Theme atau Tema.
6. Pilih Dark atau Gelap.

Manfaat Dark Mode

Ternyata para pengguna WhatsApp menunggu kehadiran fitur ini bukan tanpa alasan. Mereka menganggap mode gelap memberikan beberapa hal baik bagi kenyamanan menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga :  Fitur Rumah Belajar sebagai Sekolah Maya Selama Covid 19

Berikut beberapa manfaat dark Mode WhatsApp yang dilansir dari The Indian Express:

Mengurangi Ketegangan pada Mata

Saat mengaktifkan fitur dark mode, maka tampilan layar akan menjadi gelap. Bagi sebagian pengguna warna gelap dianggap mampu membuat mata tidak terlalu tegang.

Fitur dark mode ini diyakini akan memberikan kenyamanan tatkala dipakai pada malam hari. Karena dengan latar berwarna terang, terlalu menyilaukahn bagian sebagian orang.

Menghemat Baterai

Analoginya sederhana, dengan cahaya yang lebih redup secara otomatis tidak menyedot daya baterai terlalu banyak. Dan hal ini juga berlaku saat kalian menerapkan dark mode WhatsApp.

Saat fitur ini aktif, layar ponsel tak memancarkan cahaya cerah. Semburat warnanya cenderung lemah. Penghematan baterai akan dirasakan lebih maksimal ketika digunakan pada perangkat yang memiliki layar amoled karena pixel yang menampilkan warna lebih hitam.

Baca Juga :  Apa Beda UKM, UMKM dan Startup? Inilah Penjelasannya

Tampilan Lebih Elegan

Hitam adalah elegan. Jangan salah, ada loh yang melihatnya seperti itu. Bagi yang percaya hal tersebut, warna hitam di latar WhatsApp membuat desain lebih kokoh dan sempurna.

Sekarang pilihan ada di tangan kalian, apakah akan bertahan dengan kebiasaan selama ini? Yang sudah cukup puas dengan menggunakan light mode. Sementara untuk pindah ke dark mode bisa dilakukan kapan saja, tak perlu membayar dan mudah.

Semoga artikel Dark Mode WhatsApp, Begini Cara Mengaktifkannya ini bermanfaat. ***

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here