Beranda Kepri Batam Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual 6 Media JMSI di Batam

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual 6 Media JMSI di Batam

0
Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan melakukan verifikasi faktual Media ariranews.com Jumat, (25/03/2022).F-Istimewa

beritakepri.id, BATAM – Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan melakukan verifikasi faktual terhadap enam media di Batam, Jumat, 25 Maret 2022.

Keenam media yang dilakukan verifikasi faktual ini merupakan anggota Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kepri.

Adapun keenam media yang diverifikasi faktual ini yakni wartakepri.co.id, ariranews.com, detaknews.co.id, alurnews.com, beritabatam.com dan telisiknews.com.

Jamalul Insan, satu per satu mendatangi media yang akan diverifikasi faktual tersebut. Dan wartakepri.co.id, menjadi media pertama yang dikunjungi.

Di wartakepri.co.id, Jamalul Insan yang didampingi staf Dewan Pers, Irwan disambut Dedy Suwadha sebagai pemilik dan juga pembina JMSI Kepri.

Wartakepri.co.id dan dua media lainnya yakni mediakepri.co.id dan batamclick.com yang merupakan anggota JMSI Kepri sudah terverifikasi faktual sejak 2018.

Baca Juga :  KPU RI Lakukan MoU Dengan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI)

“JMSI buat surat. Ini hanya tinggal perapian pendataan di website Dewan Pers,” ujar Jamalul Insan disela-sela kunjungannya di basecamp wartakepri.co.id.

Lalu, langkah Jamalul Insan dilanjutkan ke ariranews.com. Diterima Penanggungjawab yang juga Pimpinan Redaksi, Jamalul Insan melakukan pemeriksaan berkas dan website ariranews.com secara seksama.

Selanjutnya, detaknews.co.id menjadi tujuan Jamalul Insan. Ranti sebagai Pimpinan Perusahaan dan Amir sebagai Pimpinan Redaksi menyambut hangat kedatangan anggota Dewan Pers.

Amir, yang juga Bendahara di JMSI Kepri memaparkan rubrik dan konten yang menjadi andalan di detaknews.co.id.

alurnews.com menjadi tujuan berikutnya. Di alurnews.com, Jamalul Insan disambut Pimpinan Umum, Harianto dan Pimpinan Redaksi Hadli dinobatkan untuk menjadi narasumber mengisi alurpopcast.

Baca Juga :  Menjelang Hari Pencoblosan, Soerya - Iman Panen Dukungan dari Masyarakat Bengkong

Di alurpopcast ini, Jamalul Insan menjelaskan dan memaparkan panjang lebar peran dan fungsi Dewan Pers yang dipandu Anwar Anas yang merupakan Sekretaris JMSI Kepri.

Lalu, pada kesempatan ini, Jamalul Insan juga menjelaskan pentingnya dilakukan verifikasi terhadap media dan langkah Dewan Pers mengukur kemampuan wartawan melalui Uji Kompetensi.

Langkah selanjutnya, Dewan Pers melanjutkan langkahnya ke kantor beritabatam.com. Eddy Supriatna sebagai Pimpinan Redaksi beritabatam.com menjelaskan Dewan Pers sudah tiga kali berkunjung untuk melakukan verifikasi faktual.

Kali pertama Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terjadi sekitar lebih satu tahun lalu. Lalu, Dewan Pers juga melakukan verifikasi faktual sekitar enam bulan yang lalu.

Baca Juga :  Delapan Peserta Belum Lulus Uji, Candra Ibrahim : Jangan Pernah Berhenti Berusaha, Terus Belajar

“Ini untuk yang ketiga kalinya, beritabatam.com dilakukan verifikasi faktual. Namun kita masih tetap taat dan patuh untuk mengikuti ketentuan dari Dewan Pers,” ujar Eddy.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap berkas dan rubrik website beritabatam.com, Dewan Pers melanjutkan perjalanan menuju ke telisiknews.com.

“Secara umum perjalanan verifikasi ini berjalan dengan baik. Namun untuk hasilnya, kami berikan ruang seluas-luasnya kepada Dewan Pers memberikan penilaian terhadap media yang diverifikasi ini,” kata Eddy yang juga Ketua JMSI Kepri didampingi Sekretaris JMSI Kepri, Anwar Anas dan jajaran pengurus lainnya.(Cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here