Beranda Kepri Bintan Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi Kabupaten Bintan, Hafizha Ingin Memaksimalkan Fungsi Kapal Pustaka...

Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi Kabupaten Bintan, Hafizha Ingin Memaksimalkan Fungsi Kapal Pustaka Keliling

0
Hafizha Rahmadhani saat dikukuhkan menjadi Bunda Literasi di Kabupaten Bintan di Aula Wan Sri Beni, Dompak, Selasa (27/9/2022) pagi.F-Kominfo Kepri

beritakepri.id, BINTAN – Hafizha Rahmadhani Roby Kurniawan dikukuhkan menjadi Bunda Literasi di Kabupaten Bintan. Hafizha Rahmadhani ingin memaksimalkan fungsi mobil pustaka dan kapal pustaka keliling, guna meningkatkan minat baca di Bintan.

Pengukuhan dilakukan oleh Bunda Literasi Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari. Serta disaksikan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando dan Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad.

Dalam kesempatan tersebut, Hafizha turut dikukuhkan bersama Bunda LIterasi kabupaten/kota se-Kepri lainnya di Aula Wan Sri Beni, Dompak, Selasa (27/9/2022) pagi. Pengukuhan Bunda Literasi ditandai dengan pemasangan selempang, serta penandatanganan SK Bunda Literasi.

Baca Juga :  HKSN 2023, 130 Anak Ikut Sunat Massal Gratis di Bintan

Usai pengukuhan, Hafizha menuturkan, buku adalah jendela ilmu. Oleh sebab itu, dirinya berharap demi meningkatkan SDM emas para generasi penerus di Kabupaten Bintan, penting meningkatkan minat membaca. Baik di kalangan pelajar dan masyarakat.

“Tugas dan amanah sebagai Bunda Literasi yang diberikan tentu harus dijalankan semaksimal mungkin. Harapannya dapat meningkatkan inovasi dalam meningkatkan minat baca di kalangan pelajar dan masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bintan, dalam menggalakkan minat baca dan literasi telah melakukan berbagai program. Di antaranya melalui program pustaka keliling. Dengan mobil pustaka yang berkeliling ke setiap sekolah-sekolah dan komunitas. Khususnya bagi kawasan di daratan. Lalu melalui kapal pustaka apung yang juga diperuntukkan bagi masyarakat dan sekolah di pulau-pulau, dengan jadwal yang sudah diprogramkan.

Baca Juga :  Pemkab Anambas Gelar Zikir Bersama Penutupan Tahun 2022

“Fungsi mobil dan kapal pustaka keliling ini, akan kita maksimalkan lagi. Sekarang sudah maksimal, ke depannya lebih maksimal lagi,” harapnya.

“Selain itu tentu perlunya didorong agar pemerintahan kecamatan, kelurahan dan desa dapat turut ikut andil serta dalam mengembangkan perpustakaan dan minat baca. Serta mendorong komunitas gerakan minat baca guna mengembangkan taman bacaan masyarakat di daerah kampung-kampung,” tutupnya.***

Penulis : Nurulius
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here