Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma foto bersama dengan narasumber dan pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang yang hadir dalam pembukaan acara.

Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma membuka workshop Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat- Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR-SP4N).

Kegiatan itu dilaksanakan Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang di Hotel Comforta, Selasa (26/2) pagi.“Dihadirkan juga narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Harry Alfredo Purba serta Anro Sandjaja ST dari Dinas Kominfo Kota Batam.

Peserta kegiatan merupakan perwakilan pejabat Eselon III sebagai penghubung dan Eselon IV sebagai administrasi di setiap OPD di lingkungan Pemko. Kegiatan digelar dua hari yaitu 26-27 Februari 2019.

Baca Juga :  Produksi Meningkat, Kebutuhan Masyarakat Terjawab

Hj Rahma menginginkan setiap laporan yang diterima bisa segera disikapi. Melaksanakan aksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dituturkannya, Tanjungpinang ini tidak terlalu luas, jumlah penduduk pun tidak begitu banyak, maka diyakini bisa menerapkan itu.

Menanggapi persoalan masyarakat, tentu tidak terlepas dengan ketersediaan anggaran. Ia berjanji akan terus mendukung. Asalkan ada komitmen dari ASN-nya ingin bekerja maksimal.

Panitia Pelaksana sekaligus Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Tanjungpinang, Teguh Susanto menuturkan, aplikasi ini sudah diluncurkan, Maret 2018 lalu.

Baca Juga :  Wagub Pimpim Apel PMI, Penggalangan Dana Untuk Palu dan Donggala

Dari data yang dimiliki Diskominfo sudah ada 15 aduan yang masuk melalui aplikasi ini. Diantaranya persoalan jalan, Penerangan Jalan Umum (PJU), pelayanan Disdukcapil serta beberapa layanan lainnya.

Terkait lama penanganannya, berbeda-beda sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat.

“Dicontohkannya terkait perbaikan drainase akan lebih lama bila dibandingkan pelayanan publik lainnya.“

”Jadi setiap kasus beda-beda waktu penanganannya,” ujarnya.

Dituturkannya, ketika program ini diluncurkan, perwakilan setiap OPD dikumpulkan dan diberikan ID untuk berkoordinasi.

Ia berharap masyarakat tidak ragu melaporkan berbagai persoalan yang dialami, apakah terkait di lingkungan Pemko maupun Satker serta pelayanan publik lainnya melalui aplikasi ini.Cara melapornya, masyarakat mengakses website lapor.go.id. Di laman itu sudah ada panduannya yang dapat diisi. Serta bisa melalui SMS dengan menghubungi nomor 1708.

Baca Juga :  Latih Mahasiswa Berwirausaha, Inilah Harapan Dosen Sosiologi UMRAH

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, Plt Disperindag Kota Tanjungpinang, Samsudi, Plt Kepala BPRD, Riani, Sekretaris Bappelitbang Tanjungpinang, Rully, Sekretaris BP2T, M Ikhas, serta Kabag Umum Sekwan Tanjungpinang, Yussuwadinata serta lainnya. ***

Narasi dan Foto : Istimewa

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here