beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Gubernur H Nurdin Basirun senang dengan semakin lancarnya arus barang keluar masuk ke Tanjungpinang dari Pelantar 2. Meski semakin lancar, Nurdin terus mengevaluasi kendala-kendala pergerakan barang di pelabuhan bongkar muat tersibuk di Tanjungpinang ini.

“Alhamdulillah semakin lancar dan cepat. Kita harap kelancaran ini mampu menekan harga di pasaran. Stok tersedia harga tidak melonjak tinggi,” kata Nurdin di sela-sela peninjauannya di Pelabuhan Pelantar 2, Tanjungpinang, Sabtu (25/5).

Saat ini, kendala yang terlihat adalah ketersediaan armada darat. Truk yang berjumlah sekitar 20 masih terlihat kurang. Terutama untuk membawa barang-barang yang sudah dibongkar dari kapal.

Baca Juga :  Ke Tanjungpelanduk, Pesan Nurdin; Wujudkan Anak Cerdas dan Berakhlak

Perhitungan para pekerja, dibutuhkan sekitar 40 hingga 50 truk untuk membuat pengangkutan barang semakin lancar. Untuk waktu sandar kapal kini sudah tidak lama lagi.

“Istilahnya, dwelling time nya semakin singkat,” kata Nurdin.

Nurdin tampak berbincang-bincang dengan para pekerja bongkar muat. Mereka senang karena arus barang dari kapal semakin lancar. Memang beberapa berharap truk angkutan semakin ditambah sehingga tak ada penumpukan yang terlalu lama.

Karena sudah semakin lancar, Nurdin sangat berharap harga-harga di pasar tidak semakin tinggi menjelang Lebaran ini. Kalau istilah Nurdin, supaya emak-emak tak menjerit soal harga dan bisa fokus beribadah.

Baca Juga :  Tanjungpinang Hasilkan 3 Quick Win Smart City

Usai memastikan kelancaran arus barang, Nurdin langsung bergerak ke Batam untuk menyambut kedatangan Menteri Perhubungan Budi K Sumadi. Usai mengantar Budi terbang ke Kalimantan Tengah, Nurdin sempat melakukan peninjauan di Pasar Pujabahari Batam.

Di Pujabari, Nurdin tampak berbincang-bincang dengan para pedagang. Terutama pedagang sayur. Sayur-sayur yang pasokannya dari Batam, tidak mengalami kenaikkan yang berarti. Malah kepada Nurdin seorang pedagang menyebutkan ada yang harganya turun dalam minggu ini.

Sementara bahan dagang dari luar Batam, terutama Medan juga masih stabil. Nurdin berharap lonjakan kenaikan di penghujung ramadhan ini tidak terlalu tinggi.

Baca Juga :  Nikolas Panama Ajarkan Mahasiswa STIE Pembangunan Ilmu Jurnalistik

Sebab, beberapa pedagang memang menyampaikan ada beberapa produk berpotensi naik, namun tidak tinggi. Seperti ayam, daging serta cabe.

Sekitat sepuluh kedai disinggahi Nurdin dalam peninjauan itu. Nurdin seakan melakukan survei harga-harga di pasaran hari ini. Karena menjelang Lebaran, dia pun akan melakukan sidak pasar di berbagai daerah.

“Sekarang alhamdulillah masih stabil. Ada beberapa yang turun malah. Kita harap tak ada kenaikan yang tinggi sampai Lebaran nanti,” kata Nurdin. (BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here