Isdianto memimpin Rapat Koordinasi melalui Video Conference terkait Optimalisasi Peran BUMN dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang, Rabu (15/4).

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Plt. Gubernur Kepri, Isdianto memimpin Rapat Koordinasi melalui Video Conference terkait Optimalisasi Peran BUMN dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau di Rupatama Lt.4, kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (15/4).

Membuka Rapat, Isdianto mengatakan bahwa Pandemi Virus Corona (Covid-19) di Kepri hingga kini terus menanjak ketahap serius yang harus diantisipasi segera yang membutuhkan kebersamaan dan partisioasi semua pihak di Kepri.

“Jika antisipasi ini dilakukan sendiri kekuatan tidak akan cukup, untuk itu diharapkan kebersamaan semua pihak seusai kapasitas masing-masing,” kata Ketua Tig Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covod19 Kepri ini.

Apalagi setelah turunnya arahan Pemerintah Pusat yang telah membentuk Tim Gugus Tugas di setiap Daerah, Isdianto ingin semua pihak bergerak bersama dan seirama.

“Pendataan berbagai bantuan terus kita data, kami harap BUMN yang telah bergerak juga ikut menyampaikan datanya agar kita bisa satukan dan bantuan semakin terarah dan tepat sasaran,” lanjutnya.

Baca Juga :  Syahrul Terima Penghargaan sebagai Tokoh Peduli Remaja Masjid

Pemprov sendiri berencana, sebelum memasuki bulan ramadan tahun ini yang tinggal beberapa hari kedepan, akan menyerahkan bantuan berupa sembako serta terus mengupayakan bantuan seperti masker dan APD serta bantuan penunjang lainnya.

Berbagai antisipaai juga dilakukan dan direncanakan akan diterapkan, salah satunya rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun kata Isdianto langkah ini harus direncanakan secara matang.

“Kita ingin menekan laju penyebaran agar segera berhenti. Pengawasan juga diperketat di pintu-pintu masuk seperti pelabuhan dan bandar udara, serta kita juga terus mendata kebutuhan lainnya yang dibutuhkan selama diberlakukannya PSBB tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak usai mendengar paparan dari sejumlah BUMN mengapresiasi partisipasi yang telah berjalan yang dilakukan oleh BUMN.

“Kita harus satu pintu karna sudah ada tim gugusnya di tiap daerah sehingga setiap bantuan tersebar secara merata, kami juga saranka agar data secara cermat, kriteria siapa saja yang berhak menerima sembako,” pesan Jumaga.

Baca Juga :  Perkuat Jaringan Regional, Malindo Air Perkenalkan Da Nang, Destinasi Ketiga di Vietnam

Kemudian, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri Dewi Kumalasari menyambut baik diadakannya Rakor ini, kehadiran BUMN diharapkan menjadi salah satu bentuk partisipasi untuk menyelesaikan permasalahan Covid-19 di Kepri.

“Kita tahu hingga kini kondisi di Kepri masuk ke tahap mengkhawatirkan, kami ingin memberi saran untuk lebih dahulu mendata setiap kebutuhan yang masih dibutuhkan apalagi kita tidak tahu kondisi seperti ini akan berlangsung sampai kapan,” kata Dewi.

Lalu, Anggota DPRD Provinsi Kepri Lis Darmansyah mengatakan, dalam kondisi seperti ini tidak akan bisa selesai dikerjakan jika sendiri, kebersamaan dari semua sektor sangat dibutuhkan.

“Semua pihak harus menyatukan kekuatan sesuai kapasitas dan peran masing-masing,” kata Lis.

Secara umum, BUMN yang ada di Kepri menyatakan kesiapannya untuk ikut bersinergi bersama pemerintah daerah selaku Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini. Bahkan BUMN juga sudah memulai pergerakan untuk penanganan pandemi ini.

Baca Juga :  Rahma Apresiasi Kepatuhan dan Disiplin Saat Pembagian Bingkisan Hari Raya

Sehari sebelumnya pun, dengan agenda yang sama Plt. Gubernur memimpin Rapat bersama Pihak Perbankan yang hasilnya pun sama bahwa pihak perbankan juga menyatakan kesiapannya bersama-sama mencegah Covid-19 ini.

Selanjutnya, mewakili PT. Pertamina Bobby mengatakan bahwa BUMN pun telah bergerak dengan membentuk Satgas BUMN Peduli di seluruh Provinsi termasuk di Kepri. Bantuan-bantuan baik berupa masker, hand sanitizer maupun Alat Pelindung Diri juga telah disebarkan.

“Satgas Kantor Koordinstor wilayah sudah dibuat, kami juga terus mengidentifikasi alat medis yang dibutuhkan berapa di RS-RS di Kepri,” kata Bobby.

Kemudian, mewakili PLN Batam Awaludin Afid mengatakan komitmennya untuk ikut membantu, arahan-arahan yang telah disampaikan akan menjadi acuan untuk bergerak menanggulangi permasalahan Covid-19 ini.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu Pemerintah Daerah bersama-sama mencegah dan menanggulangi Covid-19 ini,” katanya.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here