beritakepri.id, JAKARTA — Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd menghadiri acara Indonesia International Smart City Expo dan Forum (IISMEX) 2019. Acara yang dihadiri oleh wali kota dan bupati se-Indonesia ini berlangsung di Gedung Jakarta Convention Centre, Rabu (17/7).

Acara IISMEX 2019 ini turut dihadiri Wakil Presiden RI H.M Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Indonesia International Smart City Expo & Forum 2019 adalah forum yang tepat untuk belajar dan mencontoh, bahwa dunia sekarang berkembang makin cepat dalam era digital. Informasi bisa sangat cepat sampai dan bila tidak menikuti perkembangannya, maka akan terisolir.

Baca Juga :  Karyawan BUMD Tanjungpinang Layangkan Mosi Tidak Percaya Kepada Direksi

Saat ini dengan 98 Kota dan 416 Kabupaten yang kini berkembang menjadi kota pintar, Indonesia akan menjadi negara Bangsa Cerdas terbesar di masa depan.

Indonesia International Smart City Expo & Forum 2019 adalah pintu masuk untuk mengambil peluang luas guna menjadi pemain di pasar kota pintar yang menjanjikan di Indonesia.

Dalam paparannya, Wapres JK menjelaskan bahwa Smart City hanya dapat dilaksanakan oleh Kepala Daerah yang cerdas.

“Yang paling penting juga adalah membangun masyarakat yang cerdas, jangan hanya terpaku dalam teknologi sebab teknologi adalah alat dan bagian pendukung Smart City, inovasi dibutuhkan untuk mewujudkan Smart city,” ujar Wapres RI.

Baca Juga :  Tambah Satu di Batam, Jumlah Positif Covid-19 Kepri Jadi 116

Lebih lanjut, JK menekankan agar Kepala Daerah dapat memiliki inovasi dan semangat untuk menerapkan Smart City di daerahnya. Karena dampak positif dari konsep Smart City adalah kemudahan dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S. Pd menjelaskan bahwa dirinya sangat memberikan perhatian terhadap pembangunan Smart City di Tanjungpinang. Pembangunan Smart City di Tanjungpinang sendiri sudah mulai melaksanakan tahapan-tahapan dari konsep dasar sebuah perencanaan Kota Pintar.

“Perancangan dan pembangunan Smart City harus segera direalisasikan, ini merupakan salah satu target utama saya dalam mengembangkan inovasi untuk memudahkan terselenggaranya Pemerintahan dan Pelayanan Publik bagi masyarakat,” ujar Syahrul.

Baca Juga :  Polda Metro Jaya Gelar Perkara Kaburnya Napi Cai Changpan

Diketahui sebelumnya bahwa Kota Tanjungpinang merupakan salah satu Kota Role Model yang dipilih dalam Gerakan 100 Smart City di Tahun 2019 yang digagas oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here