Beranda Kepri Karimun Hari Mangrove Sedunia, Lanal Karimun Tanam 5.000 Pohon Mangrove

Hari Mangrove Sedunia, Lanal Karimun Tanam 5.000 Pohon Mangrove

0
Lanal Karimun Letkol Laut (P) Joko Santoso beserta anggota TNI AL tanam mangrove di sepanjang pantai Desa Pongkar Kec Tebing Karimun.F-Istimewa

beritakepri.id, KARIMUN – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli Tahun 2022, Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santoso bersama seluruh prajurit Lanal Tg. Balai Karimun melaksanakan penanaman 5.000 pohon Mangrove di sepanjang pantai Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Selasa (26/07/222).

Sebelum penanaman pohon mangrove, Letkol Laut (P) Joko Santoso terlebih dahulu melakukan Video Conference (Vicon) dengan Kepala Staf Angkatan Laut RI Laksamana TNI Yudho Margono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Joko Santoso mengatakan dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia tanggal 26 Juli tahun 2022 Lanal mengambil tema ” Dengan Semangat Hari Mangrove Sedunia Kita Tumbuhkan Mangrove di 77 lokasi Jajaran ajaran TNI AL di Seluruh Indonesia” ungkap Joko semangat.

Baca Juga :  Tinjau Reklamasi PT Timah Tbk di Kundur, Kementerian ESDM Sebut Berikan Dampak Ekonomi Bagi Masyarakat

Dalam Vicom Joko Santoso di dampingi Camat Tebing MT Tarigan, Kades Pongkar Supsusiyono, Ketua Harian Yayasan Buddha Tzu Chi TBK Ibu Sukmawati, Perwakilan anggota Koramil 03 Tebing, Perwakilan anggota Polsek Tebing, Perwakilan anggota Sat Brimob Kompi 2 Polda Kepri, Anggota Pramuka Saka Bahari binaan Lanal TBK.

Penanaman Mangrove di Desa Pongkar Kecamatan Tebing langsung di pimpin Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santosa, S.E.,M.Tr. Hanla, CHRMP, diikuti Pasops Kapten Laut (P) Endy Kurniawan, Pasintel Kapten Laut (E) M. Amir Machmud, S.ST. Han, Dan Unit Intel Lettu Laut (S) Syahrudin, Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal TBK.

Di tempat terpisah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono S.E.,M.M beserta jajaran juga melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di 77 lokasi di wilayah Indonesia. kegiatan tersebut terpusat di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang Prov. Banten dihadiri oleh menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dan beberapa duta negara sahabat.

Baca Juga :  Kepri Kota Andalan Bandar Dunia

Dalam sambutannya Yudho Margono mengatakan Penanaman Mangrove secara serentak dilaksanakan oleh jajaran TNI Angkatan Laut di 77 lokasi wilayah Indonesia, merupakan upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, tanah longsor dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh negara di bumi, maka sepatutnya intropeksi dan berbenah diri terhadap lingkungan kita laksanakan bersama, kata Yudho.

Rusaknya hutan pantai (Mangrove) sambung Yudho sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan maupun resiko terjadinya bencana seperti Tsunami tahun 2005 di wilayah Aceh.

Baca Juga :  Ibu Asmah Terima Satu Unit MCK dari Polsek Kundur

“Hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai,” ungkap Yudho.

Lebih jauh Yudho menyebutkan dalam rangka memperingati hari Mangrove sedunia dan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 jajaran TNI AL melaksanakan penanaman Mangrove dengan tema “Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA.2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Global” ungkap Yudho.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat maupun daerah, dalam memberikan wawasan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut, kata Yudho.***

Penulis : D Tambunan
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here