free page hit counter
KepriTanjungpinang

Hari Pahlawan, Momentum Generasi Muda untuk Berinovasi dan Toreh Prestasi

beritakepri.id, Tanjungpinang – Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang – Meski bertepatan dengan hari libur, Pemerintah Kota Tanjungpinang tetap melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74, di halaman Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Minggu,10 November 2019.

Upacara tersebut, dipimpin langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, dan dihadiri oleh seluruh pejabat, ASN dan PTT di lingkup pemko Tanjungpinang.

“Ini bentuk komitmen kepatuhan dari pemerintah pusat untuk daerah dan sudah menjadi kewajiban kita melaksanakan momentum ini agar kita semua mengingat perjuangan para pahlawan bangsa kita,” ungkap Wali Kota, H. Syahrul, mengawali sambutannya.

Wali kota mengatakan momentum hari pahlawan yang diperingati setiap 10 November harus diisi dengan semangat membangkitkan inovasi untuk menjadi pahlawan masa kini.

“Semangat hari pahlawan harus diisi dengan semangat berinovasi oleh anak-anak bangsa,” lanjut Syahrul, membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI), Juliari P Batubara.

Ia menuturkan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa saja dengan bentuk aksi-aksi nyata yang dapat memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebagai contoh, menolong masyarakat yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Saat ini, lanjut wali kota, untuk menjadi seorang pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, hingga membawa nama harum bangsa di kancah Internasional.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan dengan pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa. Sekarang, kita harus bisa buktikan dengan menoreh prestasi, baik untuk negara, bangsa, dan daerah kita,” tambah Syahrul.

Baca Juga :  Nurdin Akui Kontribusi BI Terhadap Ekonomi Kepri Cukup Besar

Hari pahlawan, katanya, bukan hanya bersifat ceremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Untuk itu, mari kita terus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

“Selamat hari pahlawan, jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri,” ucap wali kota mengakhiri.

Pelaksanaan upacara itu, dibacakan juga pesan-pesan perjuangan dari pahlawan nasional.(bk/r)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *