Beranda Kepri Anambas Hariswan Salurkan Kompor Listrik Serta Dana Segar Kepada Pelaku UMKM

Hariswan Salurkan Kompor Listrik Serta Dana Segar Kepada Pelaku UMKM

11
0
Bupati, Wakil Bupati Kepulauan Anambas berserta Kepala Disperindak Anambas.F-Istimewa

‘Anggaran yang kita sediakan Rp 20 juta dengan jaminan usaha dan dikenakan bunga sebesar 3 persen saja. Saya harapkan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan semestinya’

beritakepri.id, ANAMBAS- Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan bantuan dana bergulir dalam mendorong meningkatkan perekonomian kerakyatan, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dan Wan Zuhendra, menyerahkan bantuan sosial kepada sejumlah pelaku usaha tersebut di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu ( PLUT) secara simbolis dengan menerapkan protokol kesehatan, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga :  Pelaku UMKM di Anambas Terus Tingkatkan Kualitas Produksinya

Bantuan yang diberikan kepada UMKM berupa Alat rumah tangga yakni kompor listrik, bantuan pertukangan kayu, peralatan kuliner, serta bantuan pinjaman dana bergulir.

“Untuk pinjaman dana bergulir, itu berdasarkan pengajuan dari UMKM, yang kita sediakan sebesar 20 juta per satu jenis usaha dengan bunga 3% per tahun atau perbulan hanya 25 ribu saja,” kata Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas, Rabu (30/6/2021).

Persyaratan untuk pengajuan pinjaman dana bergulir bagi pelaku UMKM ialah harus memiliki jaminan.

“Jaminan ini sebenarnya sebagai syarat untuk mengikat kesungguhan mereka, keseriusan mereka dalam memanfaatkan uang pinjaman tersebut,” jelas dia.

Baca Juga :  Bupati Anambas Berharap, SKK Migas Berkomitmen Dan Bersinergi Dengan Pemerintah

Ia mengatakan, bagi pelaku UMKM sendiri yang ingin melakukan peminjaman dana bergulir bisa mendaftar ke Diseperindagkop Kepulauan Anambas.

“Dana yang diberikan ini juga melihat dari berapa pendapatan usaha, dengan memperlihatkan syarat berupa foto tempat usaha, jaminan surat rumah atau tanah, memiliki kartu usaha,” ucapnya.Haris.

Bantuan yang di serahkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas ini bertujuan agar dapat membantu warga masyarakat dalam peningkatan ekonomi kerakyatan di masa pandemi Covid-19, yang merujuk kepada usaha ekonomi kecil dan menengah.

Baca Juga :  DPRD Anambas Bahas Ranperda Penaggulangan Bencana, Pandangan Fraksi dan TJSL.

Ia berharap bantuan yang diberikan pemerintah ini bisa menjadi suatu modal dasar mereka meningkatkan usaha, apakah itu dari UMKM atau dari usaha lainnya.

“Semoga bantuan yang kami berikan ini bisa dimanfaatkan dengan baik serta berguna bagi semua penerimanya,” pungkasnya.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here