Beranda Kepri Tanjungpinang Jaga Ketersediaan Pasokan dan Kestabilan Harga

Jaga Ketersediaan Pasokan dan Kestabilan Harga

0

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan, inflasi memang tidak dapat dicegah. Apalagi ketika musim Lebaran atau hari-hari besar tiba. Inflasi harus dikendalikan, sehingga tidak membuat pendapatan masyarakat terjejas.

“Kita harus menjaga kestabilan harga dan tetap menjaga ketersediaan bahan pokok,” kata Nurdin saat menghadiri High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kepri di Rupatama Dompak, Tanjungpinang, Selasa (21/5).

Menurut Nudin, banyak hal yang perlu dilakukan untuk menekan inflasi. Masing-masing daerah bisa memainkan peran itu. Intinya, kata Nurdin, semua pihak jangan segan-segan untuk saling berkoordinasi. Jika terdapat masalah akan dihadapi secara bersama dan dicarikan solusinya bersama pula.

Baca Juga :  Setiap Hari Minggu, Jembatan I Dompak Bebas Kendaraan Bermotor

Nurdin menyampaikan, keberadaan pelabuhan sangat penting untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Juga bisa menekan biaya pengiriman barang yang ujungnya akan memberikan konkeskuensi pada masyarakat.

“Jasa transportasi juga harus kita dorong agar ikut berperan untuk mejaga kestabilan harga dengan meringankan biaya pengiriman barang namun tentunya tidak merugikan pihak penyedia jasa transportasi tersebut,” kata Nurdin.

Kepada Bulog, Nurdin berpesan agar tidak mahal-mahal menjual berasnya ke masyarakat. Nurdin juga berharap kepada Bea Cukai jika mendapatkan barang-barang tangkapan yang sekiranya masih bisa bermanfaat buat masyarakat agar lebih baik dihibahkan saja kepada masyarakat. Tentu juga dengan melihat aturan-aturan yang berlaku sehingga pelaksanaannya tidak melanggar aturan yang telah ada.

Baca Juga :  Hadiri Isra Mi'raj Masjid Ar Rahim Teluk Keriting, Ini Pesan Wawako Rahma

Kepada bupati wali kota, Nurdin minta segera mengambil langkah-langkah cepat untuk mengatasi permasalahan yang bersifat sementara. Sehingga masyarakat merasa tenang, aman dan nyaman.
Nurdin juga minta kepada pihak berwenang agar menjelang Lebaran ini tidak menaikkan biaya pengiriman ataupun sewa gudang. Kepada TPID, Nurdin berpesan untuk juga turun ke lapangan memantau persoalan-persoalan yang terjadi terkait kebutuhan pokok.

Dalam rapat yang dipimpin Sekdaprov H TS Arif Fadillah itu tampak hadir Bupati Lingga Alias Wello, Sekda Kota Batam Jefridin, perwakilan kabupten kota se-Kepri, Kepala BPS Kepri, Perwakilan BI Kepri, Bulog, Pertamina, dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  Rayakan HUT ke 66 PIA Ardhya Garini, Ardhya Garini Cabang 13 /D.I Lanud RHF Gelar Syukuran

Kepala BPS Kepri Zulikifli, mengatakan inflasi di Kepri dalam kurun waktu empat bulan secara umum memang terjadi kenaikan. Namun tidak terlalu signifikan. Telur, daging ayam, daging sapi, gula menjadi beberapa komoditi yang mulai mengalami kenaikkan. (BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here