Beranda Berita Utama Jelang Idul Fitri 2023, MTI Minta Dishub Kepri Antisipasi Lonjakan Penumpang Roro

Jelang Idul Fitri 2023, MTI Minta Dishub Kepri Antisipasi Lonjakan Penumpang Roro

0
Syaiful,SE

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Wilayah Kepulauan Riau Syaiful,SE, meminta Dinas perhubungan Kepulauan Riau melakukan sebuah perencanaan dari sekarang atau antisipasi dini terhadap angkutan Kapal Roro trayek Batam ke Sei Pakning dan Batam – Kuala Tungkal.

Hal ini pelu kami ingatkan karena setiap tahunnya saat libur panjang Lebaran Idul Fitri pada dua trayek ini selalu ada kekisruhan dipelabuhan antara penumpang dengan petugas pelabuhan dan awak kapal, masalah tersebut muncul efek dari jumlah armada yang sangat terbatas sementara jumlah penumpang sangat banyak.

Baca Juga :  Jika Pemprov Kepri Membantu Anggaran, Tanjungpinang Siap Melaksanakan PSBB

Kebiasaan mudik dengan menggunakan kendaraan baik sepeda motor dan mobil tidak bisa dihindari, karena penduduk kepri banyak yang berasal dari Riau, sumatera barat, jambi ,palembang,lampung dan sebagainya, mereka lebih nyaman membawa kendaraan kekampung halaman sembari dapat sebagai alat transportasi dikampung halamannya.

Sebagai regilator, sudah saatnya Pemerintah provinsi kepulauan Riau dalam hal ini Dinas perhubungan Provinsi kepulauan Riau membuat perencanaan dan strategi/antisipasi dari sekarang untuk mengantisipasi lonjatan penumpang tersbut.

Hal ini tentunya baik dari segi keselamatan penumpatan (over kapasitas penumpang) dan bentuk perhatian pemprov Kepri terhadap masyarakatnya yang ingin berpergian, sehingga mereka tidak perlu antri sampai berhari-hari bermalam dipelabuhan menunggu dapat giliran ungkap mantan Humas DPP ORGANDA tersebut.

Baca Juga :  LAMR Pekanbaru Bertemu Pj Wako, Bahas Musda dan Pembentukan LAM Kecamatan

Peluang Bisnis

Melihat antusias dan lonjakan Penumpang Kapal Roro trayek Batam -sei Pakning dan Kuala Tungkal tersebut hal ini juga merupakan sebuah peluang bisnis.

Ada baiknya Dishub Kepri menggandeng BUP perusahaan Daerah Provinsi Kepulauan Riau untuk dapat melakukan penyediaan Kapal Roro dengan sistem kontrak/carter selama 1 bulan saat libur panjang lebaran idul fitri.

H-15 hari sebelum lebaran idul fitri dan 15 hari setelah lebaran.

Disamping bentuk kepudulian/perhatian pemerintah Provibsi Kepulauan Riau terhadap masyarakatnya, hal ini juga merupakan peluang usaha BUP untuk mendapatkan Keuntungan beber Syaiful.***

Baca Juga :  Agus Wibowo (AW) Ditetapkan Sebagai Ketua Partai Demokrat Kota Tanjungpinang

Penulis : Chalima
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here