Beranda Kepri Karimun Jelang Idul Fitri, Polairud Antisipasi Penyelundupan Barang dan PMI

Jelang Idul Fitri, Polairud Antisipasi Penyelundupan Barang dan PMI

0
Sat Polairud bersama Kor Polairud Baharkam dan Direktorat Polairud Polda Kepri melaksanakan patroli perbatasan, Sabtu (30/04/2022).F-Istimewa

beritakepri.id, KARIMUN – Jelang Idul Fitri 1443H, Sat Polairud bersama Kor Polairud Baharkam dan Direktorat Polairud Polda Kepri melaksanakan patroli perbatasan, Sabtu (30/04/2022).

Satpolairud Polres Karimun bersama BKO Polairud Baharkam Polri melakukan patroli intens diperairan Karimun untuk mengantisipasi kegiatan Penyeludupan barang ilegal dan PMI yg akan masuk dan keluar Negeri secara gelap yang akan pulang kampung melalui jalur belakang ( gelap).

Kegiatan penyekatan dilakukan di beberapa titik pintu masuk dan keluar disepanjang perairan laut Kab. Karimun khususnya jalur melalu pulau terluar antara lain pulau karimun anak Kab. Karimun yg langsung berbatasan dgn negara tetangga Malaysia pada perairan selat Malaka dimana jalur tersebut adalah jalur lintas perdagangan dunia yg sangat banyak di lewati oleh Kapal-kapal yg berasal dari berbagai negara.

Baca Juga :  Rakor GTRA, Bahas Isu Strategis Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau di Batam

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano melalui Kasat Polairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir menjelaskan bahwa Pelaksanaan patroli gabungan yang terdiri dari Unsur Polri yaitu Satpolairud Polres Karimun melibatkan juga Kapal Patroli dari KOR POLAIRUD Baharkam Polri yaitu KP. TEKUKUR dgn personil yg ada.

Selain melaksanakan himbauan juga dilakukan pemantauan jalur – jalur maupun pelabuhan – pelabuhan tikus yang dicurigai akan dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk merauf keuntungan dengan cara illegal seperti pemberangkatan PMI secara Ilegal dan masuknya barang-barang Ilegal melalui pelabuhan tikus tersebut.

Baca Juga :  Roby Hadiri Syukuran Hibah Gedung Kejari Bintan

Salah satu yang jadi fokus pantauan petugas yakni pelabuhan kecil atau tangkahan yang biasanya menjadi tempat berlabuh atau jalur berangkatnya kapal yang membawa PMI secara Ilegal ke dan dari luar negeri.
“Kita akan terus melakukan patroli, jangan sampai lengah, sehingga para penyelundup lolos melakukan aksinya.

Petugas juga tetap melakukan himbauan kepada para nelayan maupun kapal penumpang untuk tetap melihat cuaca saat akan bepergian dgn jalur laut menggunakan kapal penumpang maupun kapal reguler lainnya, dan selalu mengikuti aturan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Aunur Rafiq Respon Positif Terkait Penghapusan Honorer

Kegiatan patroli di perairan Wilayah Hukum Polres Karimun ini akan terus dilaksanakan hingga selesai arus mudik Lebaran 1443 H.***

Penulis : D Tambunan
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here