Beranda Kepri Tanjungpinang Jika Pemprov Kepri Membantu Anggaran, Tanjungpinang Siap Melaksanakan PSBB

Jika Pemprov Kepri Membantu Anggaran, Tanjungpinang Siap Melaksanakan PSBB

0
Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tanjungpinang seharusnya segera diterapkan. Karena menurut analisa tim ahli atas kajian PSBB yang telah dilakukan, Tanjungpinang telah memenuhi syarat untuk melakukannya. Namun sayang karena keterbatasan anggaran hal ini belum dapat diterapkan.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari mengatakan Pemko Tanjungpinang bukan menunda atau tidak ingin melakukan PSBB. Akan tetapi, pihaknya lebih memikirkan dampak yang akan terjadi jika hal itu dilakukan.

Baca Juga :  Syahrul: Makmurnya Masjid akan Memakmurkan Masyarakat

“Dampaknya jelas, yang kita pikirkan adalah perekonomian masyarakat kurang mampu. Sementara anggaran yang pemko miliki terbatas,” tuturnya.

Menurutnya, telah dilakukan perhitungan kebutuhan anggaran, dan ternyata tidak mencukupi untuk menyediakan kebutuhan masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Setelah kami hitung kebutuhan anggaran, ternyata tidak mencukupi anggaran untuk menyediakan sembako untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang tersebut, Senin (27/4/2020).

Ia melanjutkan analisa tersebut berdasarkan data Dinas Sosial Tanjungpinang, dimana jumlah keluarga yang berhak mendapatkan sembako mencapai 21 ribu keluarga. Namun data tersebut tidaklah tetap. Sewaktu-waktu dapat bertambah karena peningkatan angka pengangguran akibat penutupan berbagai jenis usaha di ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Pemerintah Pusat Hendaknya Miliki Konsep Khusus dalam Membangun Wilayah Kepri

Pemko Tanjungpinang, kata dia, berupaya mengalihkan berbagai kegiatan untuk fokus dalam penanganan Covid-19, namun tidak cukup seandainya diterapkan PSBB.

“Proyek fisik tidak dilaksanakan, namun yang sudah terlanjur dilaksanakan mulai Februari-Maret, tetap dikerjakan. Jika Pemerintah Provinsi Kepri memiliki anggaran untuk membantu pelaksanaan PSBB maka Tanjungpinang siap melaksanakan hal itu,” tuturnya.(BK/Gayuh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here