Beranda Kepri Bintan Keempat Kalinya, Bintan Terima Adipura Berturut-Turut

Keempat Kalinya, Bintan Terima Adipura Berturut-Turut

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan saat menerima Anugerah Adipura 2022 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Prof DR Siti Nurbaya di Jakarta, Selasa (28/2/2023).F-Diskominfo Bintan

beritakepri.id, BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan meraih penghargaan bergengsi Anugerah Adipura 2022 kategori Kota Kecil tahun 2022, Selasa (28/2/2023).

Anugerah Adipura yang diterima Pemkab Bintan ini, merupakan Adipura keempat kalinya secara berturut. Sebelumnya, Pemkab Bintan telah menerima Adipura tahun 2016, tahun 2017, tahun 2018 dan tahun 2022. Periode tahun 2019-2021 dihentikan, akibat pandemi Covid-19.

Anugerah Adipura ini merupakan hasil dari konsistensi Kabupaten Bintan dalam menjaga lingkungan, kebersihan hingga penampungan dan pengelolaan sampah.

Penyerahan Anugerah Adipura 2022 disejalankan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023. Sebanyak 258 kabupaten dan kota pada tahun 2022 lalu dilakukan penilaian, berdasarkan tahapan indikator. Hasilnya, ditetapkan 5 kabupaten/kota meraih Adipura Kencana, 80 kabupaten/kota ditetapkan sebagai peraih Adipura. 61 Kabupaten/Kota menerima Sertifikat Adipura sebagai apresiasi atas upaya menuju Adipura. Serta 4 Kabupaten/Kota menerima Plakat Adipura sebagai penghargaan atas upayanya menciptakan kebersihan lingkungan.

Baca Juga :  Perlunya Pelayanan Publik Pemerintahan Serta Prinsip-prinsipnya yang Harus Dipraktikkan

Bagi Bupati Bintan Roby Kurniawan, Anugerah Adipura yang diterima empat kali berturut ini, sebagai penambah spirit menjaga lingkungan dan mengelola sampah.

“Apresiasi untuk semua khususnya para pahlawan kebersihan dan lingkungan. Adipura ini bukan puncak dari upaya kita menjaga lingkungan. Ini bonus bagi kita. Namun semangat menjaga lingkungan itu berkelanjutan sampai ke generasi akan datang,” kata Roby Kurniawan, usai menerima penghargaan Anugerah Adipura, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Prof DR Siti Nurbaya mengharapkan agar seluruh kabupaten/kota yang telah menerima penghargaan bisa terus mengedepankan azas kesadaran serta kepedulian terhadap kelangsungan hidup dan makhluk hidup.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan 2022 , TPID Bintan Gelar Rakor Pastikan Harga Sembako Terkendali

Pada tahun 2023 ini, Pemkab Bintan atas arahan Bupati Bintan Roby Kurniawan, telah menaikkan insentif bagi Satgas Kebersihan sebesar Rp150 ribu per bulan kepada 335 petugas. Roby Kurniawan menyatakan, insentif tersebut sebagai salah satu wujud terima kasih dan apresiasi Pemkab Bintan. Sebab, jasa dan keringat para petugas yang berjibaku setiap hari, tidak dapat diukur dengan indikator rupiah.***

Penulis : Nurulius
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here