beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Kepulauan Riau mendapat peringkat terbaik kedua se Sumatera setelah Kota Lampung yang mendapat peringkat pertama terhadap target pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO).

Kepala Bidang Statistik Satriana Yasmuarto menyampaikan, dengan peringkat demikian artinya masyarakat Kepri hampir sepenuhnya sadar dengan pencatatan Sensus penduduk melalui daring online alias SPO.

“Patut berbangga karena urutan kedua itu kita dapatkan dengan capaian target kita 15 persen,” tutur Satriana.

Tercatat Sensus penduduk sebelum masa perpanjang sudah mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar 15 persen dari 2.189.653 Jiwa Penduduk Kepri. Setelah itu dilakukan masa perpanjang Sensus penduduk Online Hingga 29 Mei mendatang. Saat ini perhitungan setelah masa perpanjang belum diketahui datanya oleh Satriana.

Baca Juga :  Sekda Wakili Plt Gubernur Kepri Ikuti Musrenbangnas 2021 yang Dibuka Presiden

Namun demikian pihaknya menilai pergerakan Sensus penduduk online setelah masa perpanjang semakin landai. “Landai, tetapi alhamdulillah target kita sudah lepas,” tuturnya.

Hal demikian dinilai terjadi karena masa Pandemi Covid-19 yang menyebabkan pihak BPS tidak bisa mensosialisasikan Sensus penduduk online melalui tatap muka langsung. BPS hanya bisa sosialisasi melalui media sosial dan itupun pengguna media sosial masih terbatas.

“Banyak masyarakat juga yang belum menggunakan Medsos, jadi sosialisasinya terbatas,” pungkas Satriana.

Namun tetap saja pihaknya berterimakasih kepada masyarakat yang mau berpartisipasi terhadap Sensus Penduduk Online.

Baca Juga :  Bantuan APD, Bentuk Kerja Sama Indonesia-Singapura Perangi Covid-19

“Kita berterimakasih yang mau berpartisipasi, yang belum ayo partisipasi lewat www.bps.go.id,” ungkapnya.

Saat ini pihak BPS terus mensukseskan SPO di detik terakhir pepanjangan SPO, menurut Satriana akan ada kelanjutan jika masih banyak penduduk yang belum tercatat di Kepulauan Riau.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here