Beranda Berita Utama Kesetaraan Gender Memperkuat Kemampuan untuk Negara Berkembang

Kesetaraan Gender Memperkuat Kemampuan untuk Negara Berkembang

0
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma membuka secara resmi kegiatan Pemahaman Kesetaraan Gender Kota Tanjugpinang Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) di Aula Bulang Linggi Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Tanjungpinang, Selasa (9/4).

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Kesetaraan gender yang dikenal juga sebagai keadilan gender adalah pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak diskriminasi berdasarkan identitas gender mereka, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, pendidikan dan pertahanan keamanan nasional.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, saat membuka secara resmi kegiatan Pemahaman Kesetaraan Gender Kota Tanjugpinang Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) di Aula Bulang Linggi Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Tanjungpinang, Selasa (9/4).

Baca Juga :  Pimpin Rapat Evaluasi, Rahma Harapkan Komitmen Demi Perwujudan Kota Layak Anak

Lebih lanjut Rahma menjelaskan bahwa pada dasarnya gender merupakan persoalan pokok suatu tujuan pembangunan. Kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan mengakhiri kesenjangan ekonomi.

Kegiatan ini disasarkan kepada mahasiswa yang ada di Kota Tanjungpinang. Oleh karena itu Rahma berharap para mahasiswa dapat menambah pemahaman tentang kesetaraan gender serta harus lebih semangat untuk menjadi lebih mandiri.

Rahma juga berpesan kepada mahasiswa agar dapat mentransfer ilmu yang didapat kepada teman-temannya supaya bisa melakukan dan menerapkan dalam kegiatan dan kebijakan organisasi mahasiswa.

Baca Juga :  Ansar : Remisi Merupakan Bentuk Apresiasi

“Mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa yang sedang mengembangkan diri dalam pendidikan tinggi dengan memperdalam pengetahuannya sesuai bidang ilmu yang dipilihnya memiliki peran yang strategis dalam memperbaiki tatanan kehidupan masyarakat,” harapnya.

Kepala DP3APM Tanjungpinang, Ahmad Yani menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman gender bagi posisi prioritas dalam berbagai kebijakan program dan kegiatan pembangunan di Kota Tanjungpinang.

“Kegiatan ini memberikan informasi dan pengetahuan kepada mahasiswa terkait persamaan gender dan pengimplementasian dalam kegiatan dan kebijakan mahasiswa serta diharapkan berpartisipasi dalam pembangunan yang berkeadilan dan kesetaraan gender,” jelas Yani.

Baca Juga :  Omset Meningkat, Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-239 Bawa Berkah Bagi UMKM

Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta mahasiswa dan juga turut dihadiri oleh jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Camat serta Lurah se-Tanjungpinang.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here