Beranda Kepri Batam Lakukan Lompatan Penuh Inovasi

Lakukan Lompatan Penuh Inovasi

0
Gubernur H Nurdin Basirun Memberikan sambutan saat Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana 2018/2019 Institut Teknologi Batam (Iteba), di Kampus Iteba, Tiban, Batam, Rabu (3/10).

Beritakepri.id, BATAM –Gubernur H Nurdin Basirun mengajak seluruh komponen masyarakat melakukan lompatan-lompatan yang penuh inovasi. Terlebih di bidang pendidikan. Karena mereka yang melakukan inovasi tidak pernah menemukan jalan sempit.

“Untuk memajukan bangsa dan negara, tiada lain pasti pendidikan. Negara negara asia timur, semua membangun pendidikan. Ini pondasi pembangunan yang mereka lakukan,” kata Nurdin saat Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana 2018/2019 Institut Teknologi Batam (Iteba), di Kampus Iteba, Tiban, Batam, Rabu (3/10).

Pendidikan di Kepri, menurut Nurdin merupakan sektor yang tidak dipandang sebelah mata. Alokasi 20 persen selalu ada di APBN dan APBD. Meski begitu, masih kurang ubtuk memajukan pendidikan.

Baca Juga :  Berinvestasi di Kepri, Isdianto Janjikan Kemudahan

Peran pemerintah, sebut Nurdin, sangat terbatas. Meski begitu, infrastruktu terus dikebut, kualitas dikejar semakin baik.

Menurut Nurdin, Revolusi Industri 4.0, bonus demografi 41 generasi negeri ini harus dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa. Pemanfaatan itu akan membuat negeri ini jadi pemenang. Negara-negara lua menjadi maju karena mereka membangun pendidikan.

“Potensi persaingan kita adalah untuk kemajuan Mari duduk bersama sama bergandeng tangan bahu membahu memajukan bangsa dan negara,” ajak Nurdin.

Kepri, kata Nurdin, sangat menjanjikan dari segala aspek. Sumber daya manusia harus dikelola dengan baik sehingga menghasilkan yang baik juga.

Baca Juga :  Siswa SMA 26 Batam Dilatih Jurnalistik dan Literasi

Nurdin berpesan kepada mahasiswa yang baru dikumuhkan untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Manfaatkan setiap kesempatan. Persaingan pasti berat, tapi kalau menyiapkan diri sejak awal, pasti jadi pemenang.

“Saya yakin Iteba akan jadi yang ternama dan terkenal di republik ini. Hari ini 81, ke depan akan belasan ribu mahasiswa di kampus ini,” kata Nurdin.

Nurdin juga mengajak semua komponen masyarakat tak hanya menjadikan Batam sebagai kawasan industri dan wisata. Tapi juga menjadi kota pendidikan karena ada di persimpangan yang strategis.

“Kita buktikan kita bisa. Kita bukan ekspor TKI tetapi tenaga terampil. 10-20 tahun mendatang, kita tinggal landas, kita pacu untuk terbang setinggi-tingginya untuk membawa kemenangan bangsa dan negara,” kata Nurdin.

Baca Juga :  Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah Paparkan Sejarah Melayu Kepada Ketum JMSI

Pada Sidang Senat Terbuka Institute Teknologi Batam dalam ada 81 Mahasiswa Baru yang dilantik. Tampak hadir pada kesempatan itu mantan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto, Kepala LIPI Laksama Tri Handoko, Prof Joko Santoso dan Kadis Pendidikan Kepri Muhammad Dali.

Sebelum menghadiri acara pelantikan mahasiswa, Nurdin terlebih dahulu ruang praktik memasak. Tampak Nurdin ikut berpraktik memotong beberapa sayuran untuk dimasak. Setelah dimasak, Nurdin tampak menikmati makanan restoran hasil praktik mahasiwa Iteba.(BK/HMS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here