free page hit counter
BintanKepri

Maksimalkan Kewaspadaan Dini, FKDM Sosialisasi di Bintan

beritakepri.id, Bintan –Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi kepri mengumpulkan karang taruna, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Aula Kecamatan Bintan Timur, Senin (18/11).

Menurut Ketua FKDM Provinsi Kepri Ridarman Bay, sebagai organisasi yang dibantuk pemerintah, FKDM provinsi, kabupaten dan di tingkat kecamatan FKDM mesti bermanfaat untuk daerah, terutama dalam mencegah potensi atau kemungkinan terjadinya kegaduhan di tengah masyarakat.

“Pertemuan ini merupakan sosialisasi Pemendagri No 46 tahun 2019 tentang kewaspadaan dini masyarakat, tujuannya, untuk menguatkan pengurus FKDM dan tokoh masyarakat akan pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam keberlangsungan pembangunan,” sebut Ridarman Bay.

Sementara itu, Kabid Poldagri Kesbangpol Pemprov Kepri Elman Krisos menyebutkan, perubangan Pemendagri tersebut menguatkan akan pentingnya FKDM untuk membantu pemerintah dalam menjaga lingkungan yang aman dan kondusif.

Menurut Elman Krisos, salah satu fungsi FKDM membaca potensi-potensi permasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat dan melaporkannya ke Kepala Daerah melalui Kesbangpol.

“Demikian juga dengan FKDM di tingkat Kabupaten dan Kota yang memiliki tanggungjawab melaporkan peristiwa atau potensi-potensi terjadinya polemik untuk dilaporkan ke Kepala daerah, agar pemerintah bisa lebih cepat mengambuil keputusan untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut,” sebutnya.

Selain itu, sambungnya, laporan FKDM juga menjadi salah satu pertimbangan kepala daerah dalam mengambil kebijakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Suasana sosialisasi dimanfaatkan oleh para undangan untuk menggalui pengetahuan akan tugas dan fungsi serta manfaat FKDM.

Hanya saja sejumlah pengurus FKDM masih mengeluhkan kecilnya alokasi anggaran untuk kegiatan FKDM hingga para pengurus mengaku tidak bisa banyak melakukan sosialisasi dan karena anggaran yang minim.(bk/r)

Baca Juga :  Berikan yang Terbaik untuk Investasi Masa Depan
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *