Beranda Kepri Bintan Masuk Nominasi, Roby Paparkan Keterbukaan Informasi Menuju Upakarti Artheswara Tinarbuka

Masuk Nominasi, Roby Paparkan Keterbukaan Informasi Menuju Upakarti Artheswara Tinarbuka

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan mempresentasikan aplikasi bintankuindonesia dan inovasi keterbukaan informasi saat menjadi nominator penerima- anugerah Upakarti Artheswara Tinarbuka di Jakarta, Senin (27/3/2023).F-Diskominfo Bintan

beritakepri.id, BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan masuk nominator penerima anugerah Upakarti Artheswara Tinarbuka tahun 2023, dari Komisi Informasi (KI) pusat. Roby Kurniawan Bupati Bintan mengandalkan aplikasi bintankuIndonesia pada saat mempresentasikan inovasi keterbukaan informasi Pemkab Bintan, di Hotel Atria, Serpong, Jakarta, Senin (27/3/2023).

Keterbukaan informasi dalam UU, merupakan hak setiap orang menjadi fokus setiap badan publik yang bersentuhan dengan masyarakat. Untuk itu Komisi Informasi Pusat menggelar anugerah Upakarti Artheswara Tinarbuka tahun 2023. Anugerah ini sebagai penghargaan dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi dalam pelayanan publik.

Baca Juga :  Roby: Mohon Doa dan Dukungan, Sama-sama Kita Bangun Bintan

Pemerintah Kabupaten Bintan masuk dalam 15 besar kabupaten/kota sebagai nominator untuk melakukan pemaparan. Dalam hasil penilaian administrasi, Bintan berada di posisi ketiga, dengan nilai 67,64. Bintan berada di bawah Kota Samarinda dan Kota Mataram.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Komisi Informasi Provinsi Kepri telah melakukan presentasi terkait keterbukaan informasi dan pelayanan publik. Paparan tersebut langsung dilakukan pendalaman oleh Kemendagri, Kemenpan-RB dan Komisi Informasi Pusat.

“Bintan berusaha menyajikan berbagai informasi sesuai dengan yang diamanahkan undang undang. Wilayah kami yang terdiri dari pulau-pulau. Bahkan lebih 90 persennya adalah lautan. Justru itu yang menjadi semangat untuk kami berbuat lebih. Agar masyarakat kami bisa menerima informasi terkait apapun,” papar Roby saat melakukan presentasi.

Baca Juga :  Turunkan 320 Personel, Polres Bintan Siap Amanakan Open Ceremony dan Venue Porprov 2022 Kepri

Roby Kurniawan menyajikan berbagai inovasi maupun aplikasi-aplikasi andalan yang saat ini dimiliki Bintan untuk memprakasai keterbukaan informasi. Bintan dikatakannya bertekad, bahwa semua informasi bahkan bisa diakses dan berada dalam genggaman.

“Kita sudah launching portal bintankuindonesia yang dalam waktu dekat akan berbasis mobile. Jadi bisa diinstal di smartphone. Semua terintegrasi di sana. Jangankan investasi yang ada di Bintan, atau akomodasi hotel atau destinasi wisata dan UMKM. Stok darah bisa dicek langsung di dalam aplikasi bintankuIndonesia ini,” kata Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Upacara HUT ke-76 RI di Batam Berlangsung Khidmat

Hasil dari seluruh tahapan ini nantinya akan diumumkan pada Mei mendatang, bertepatan dengan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (Hakin) yang ditandai dengan disahkannya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kabupaten/kota terpilih akan menerima penghargaan berupa anugerah Upakarti Artheswara Tinarbuka. Penyerahan penghargaan ini dijadwalkan akan digelar di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.***

Penulis : Nurulius
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here