Beranda Kepri Tanjungpinang Meminum Kunyit Asam secara teratur bisa meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meminum Kunyit Asam secara teratur bisa meningkatkan Daya Tahan Tubuh

113
1
Kunyit asem Raniah di simpan dalam botol- botol, untuk memudahkan bila ingin dibawa keluar rumah. Meminum Kunyit Asam diyakini dapat menambah imut tubuh.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG-Di tengah pandemi Virus Corona atau COVID-19 seperti sekarang ini, tentunya sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kekebalan tubuh, dengan memulau dari menjalani pola hidup sehat, mengonsumsi vitamin dan berolahraga

Di Indonesia umumnya sebagian penduduknya masih percaya dengan beberapa ramuan tradisional. Selain enak, pengolahan mudah, bahan murah dan mudah di temui. Salah satunya adalah ramuan minuman tradisional, yang mana olahan ramuan tersebut dipercaya meningkatkan kekebalan tubuh karena berasal dari bahan-bahan alami.

Adalah Raniah salah seorang warga di kilometer 9 mengatakan untuk menjaga kekebalan tubuhnya dan keluarganya cukup meminum jamu kunyit asam yang yang diminum setiap pagi. Jika biasanya hanya sekali sehari, ia kini mengkonsumsinya tiga kali sehari.

” Sejak Corona ini saya jadi sering membuat minuman tradisional ini, minumnya pagi, siang, malam. Untuk meningkatkan data tahan tubuh, agar terhindar dari virus yang katanya belum ada obatnya,” katanya, Minggu ( 22/11/2020 )

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Gelar Rakor Optimalisasi Program Jaminan Sosial

Olahan minuman tradisional yang disebut kunyit asam ini, selain diminum sendiri, Raniah juga menyuguhkan untuk keluarga dan tetangga dekatnya yang kadang menyambangi rumahnya.

” Biasanya kalau kunyit asam ini saya buat sesekali aja untul diri sendiri, tapi skrg tiap hari saya sempatkan membuatnya, jadi kalau pagi yang biasanya saya letakkan dimeja itu tah manis, sekarang malah kunyit asam atau air ramuan jahe merah. Untuk keluarga saya siapkan setiap hari, karena rasa khawatir akan penyebaran virus itu,” ujarnya sedikit cemas.

Selain enak dan sehat, minuman ini juga mudah dibuat sendiri, menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi ramuan tradisional. ” Bahan- bahan mudah di dapat dipasar rakyat, dan pengolahannya juga mudah, kalau beli vitamin di apotik untuk saya sekelurga pastinya sangat mahal sekali, jadi saya menyiasatinya dengan membuatnnya sendiri, ” terangnya.

Baca Juga :  Jelang Ramadan, TPID Kota Tanjungpinang Gelar Rakor Pengendalian Inflasi

Untuk resep minuman tradisional ini, bisa didapat dari internet, dan lingkungan sekitar. ” Resep kunyit asam dan jahe merah ini saya dapat dari berbagai sumber, dari resep orang tua, kawan dan juga internet. Jadi lebih mudahlah sekarang ni untuk mengolah sendiri dan lebih hemat biaya.

Adapun bahan- bahan untuk kunyit asam yang biasa diolahmya adalah , 3 liter air (untuk kunyit), 1/2 liter air (untuk asam),1/2 kg kunyit, 1/4 kg gula merah, 1/4 kg asam jawa, Gula pasir (sesuai selera) untuk tambahan manisnya, 1 sdt garam.

-Blender kuyit sedikit demi sedikit dengan air, saring kedalam panci, kalau sudah diblender semua, ulangi lagi sampai air habis 
-Rendam asam jawa dengan air, saring dan masukkan kedalam perasan kunyit 
-Nyalakan kompor, rebus air kunyit asam lalu masukkan garam, gula merah dan gula pasir sampai mendidih 
-Kalau sudah mendidih angkat dan diamkan sampai kunyit asam benar- benar dingin. 
-Masukkan kedalam botol sambil disaring lagi supaya ampas atau pasir yg berasal dari gula merah tidak ikut keminum 
” Setelah selesai masukan kekulkas sebab diminum dingin lebih nikmat, tapi tergantung masing- masing orang juga. Oh iya, jamu kunyit ini bisa disimpan dikulkas sampai 2 minggu loh, selamat mencoba ya,” tutupnya.

Baca Juga :  Isdianto Minta OPD Proaktif

Dengan kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya, maka ketika kita minum kunyit asam secara teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karenanya, ramuan tradisional ini sangat baik untuk mencegah beberapa penyakit, seperti Virus Corona, flu dan sariawan.(BK/Cha)

Memuat...

1 KOMENTAR

  1. Kami sekeluarga rutin 3 kali seminggu konsumsi kunyit. Resepnya pun seperti yang disebutkan diatas. Kalau gula merah lagi tidak ada kami campur aja dengan madu. Semangat dan sehat terus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here