Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Membuka secara resmi MTQ yang ditandai dengan pemukulan beduk

beritakepri.id, Tanjungpinang — Pembukaan Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Bukit Bestari 2020 disambut meriah oleh masyarakat. Kegiatan ini merupakan perdana untuk tingkat kecamatan di Kota Tanjungpinang. MTQ ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 11-13 Februari 2020 di Halaman Kantor Camat Bukit Bestari dibuka secara resmi, Selasa (11/2).

MTQ di buka secara resmi oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP yang ditandai dengan pemukulan beduk. Dalam sambutannya, Rahma mengajak agar melalui pelaksanaan MTQ perkuat generasi muda dengan memahami Al Qur’an. “Generasi muda tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun juga diperkuat dengan ilmu agama untuk menjadi fondasi dalam kehidupan, saya berharap kedepan generasi muda Kota Tanjungpinang dapat memahami isi dari kandungan Al Qur’an dan terhindar dari perbuatan negatif serta menangkis paham radikalisme,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kepri Siap Implementasikan Pendidikan Vokasi

Rahma juga mengatakan MTQ ini sebagai ajang prestasi generasi Qurani yang bergengsi dan perlu disebarluaskan kepada seluruh masyarakat. “Al-Qur’an pedoman hidup bagi kita semua umat Islam, ajang MTQ ini merupakan ajang bergengsi untuk unjuk prestasi generasi Qurani, kita harap melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas,” kata Rahma.

Camat Bukit Bestari, Faisal Fahlevi. S.STP menyampaikan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang Al-Qur’an melalui MTQ ini agar dapat mempertebal kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. “MTQ ini bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan syi’ar Islam serta membangun Ukhuwah Islamiyah dan mempererat silaturahmi,” jelasnya.

Baca Juga :  Pulang dari Pontianak, Gubernur Beraktivitas di Tanjungpinang dan Karimun

Faisal juga menjelaskan tema yang diangkat pada MTQ ke-14 Kecamatan Bukit Bestari ini yaitu “Jadikan MTQ sebagai Momentum untuk Membentuk Manusia yang Qurani dan Berakhlak Mulia”. Ia juga menyampai cabang-cabang perlombaan pada MTQ terdiri dari Cabang Tartil, Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa serta cabang Hifzil 1 juz dan tilawah. Selain itu, juga dilaksanakan lomba-lomba pendukung lainnya seperti lomba kompang dan marawis.

“Peserta MTQ ini berjumlah 45 peserta yang merupakan utusan dari 5 kelurahan di Kecamatan Bukit Bestari yang masing-masing kelurahan mengirimkan 9 peserta lomba,” ungkap Faisal.

MTQ Bukit Bestari ini diawali dengan defile kafilah dari 5 kelurahan di lingkungan Kecamatan Bukit Bestari. Dilakukan juga pelantikan Dewan Hakim MTQ oleh Camat Bukit Bestari dan juga disejalankan dengan pelantikan pengurus Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kecamatan Bukit Bestari oleh Wakil Ketua DMI Kota, Drs. H. Mukmin Hamid.

Baca Juga :  RRI Taja Dialog HPN 2019 Bersama PWI, AJI dan Ahli Pers

Dalam pembukaan MTQ ini dihadiri juga Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Kapolsek Bukit Bestari dan masyarakat Bukit Bestari yang antusias menyaksikan qori dan qoriah yang melantunkan ayat suci Al-Quran dari cabang tilawah golongan dewasa.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here