free page hit counter
KepriTanjungpinang

Nurdin Basirun: Pemuda Jangan Hanya Menjadi Penonton yang Baik

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Gubernur H Nurdin Basirun mengajak pemuda mengambil peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda merupakan generasi penerus untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Dalam pemilihan umum bulan depan, suara kaum muda dan milenial sangat penting untuk bangsa ini.

“Saat Pemilu inilah generasi milenial mengambil peran. Bukan hanya berdiam diri dengan pilihan; menjadi apatis atau mengikuti arus. Pemuda harus berperan ikut memilih untuk kemajuan bangsa,” kata Nurdin, Sabtu (16/3) lalu di Tanjungpinang.

Sepanjang Sabtu, Nurdin menghadiri serangkaian acara yang dilaksanakan oleh kaum muda Tanjungpinang. Pada sebelah pagi, Nurdin menghadiri Debat Mahasiswa oleh Kesatuan Suara Mahasiswa Kepulauan Riau di Hotel Pelangi. Di siang hari, Nurdin menghadiri Musda II Gerkati Kepulauan Riau di Gedung Gurindam Dinas Pendidikan Kota Batam, Sekupang. Pada bagian petang, Nurdin menghadiri Ikrar Pemuda yang diprakarsai Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat) di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Pada setiap zaman, kata Nurdin, peran pemuda selalu nyata. Pemuda juga menjadi harapan dalam mendorong kemajuan suatu bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, luas, serta berdasarkan kepada nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Menurut Nurdin, pemuda, yang juga calon pemimpin daerah dalam mengisi pembangunan dapat memberikan dampak positif bagi pergerakan ekonomi daerah. Termasuk dalam bidang sosial politik.

“Berikan pemahaman bahwa memberikan hak suara dalam Pemilu sangat penting. Sebab hak suaralah yang menentukan pemimpin sebagai penentu kebijakan, yang nantinya kebijakan itu berdampak pada masyarakat,” ucap Nurdin.

Nurdin mengajak pemuda tidak lagi menjadi penonton yang baik. Yang siap menerima keputusan yang ada seolah tidak peduli dengan siapapun yang akan memimpin, bagaimana program kerja dan janji sewaktu kampanye.

Baca Juga :  Ngeri! Mayat Tanpa Kepala Bikin Geger Nelayan Bintan

Nurdin menyebutkan, sudah saatnya pemuda aktif agar mengetahui kondisi dan situasi di negeri ini. Sebagai generasi muda sudah seharusnya bisa memberikan pandangan yang lebih baik tentang Pemilu dan menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Nurdin juga berpesan agar para pemuda menumbubkembangkan daya kreatif dan inovatifnya. Pemerintah, akan selalu hadir untuk anak-anak kreatif agar karya mereka tambah besar. Apalagi jika mereka berperan efektif dalam pengembangan untuk kemajuan.

Nurdin mengatakan, sejarah mencatat kiprah pemuda-pemuda yang tak kenal waktu, yang selalu berjuang dengan penuh semangat, biarpun jiwa raga menjadi taruhannya.

“Pemuda selalu diidentikan dengan perubahan, karena peran pemuda dalam membangun daerah ini dan peran pemuda dalam menegakkan keadilan. Jadilah generasi yang kreatif dan efektif untuk memberikan yang baik,” ucap Nurdin.

Nurdin juga menjelaskan, pemuda harus berpacu dengan waktu dan yang mana zaman semakin canggih dan maju. Semangat inilah semestinya terus terjaga dalam setiap gerakan kepemudaan.(BK/R)

Tags
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *