Anggota OPP sedang berziarah dan membaca doa di makam Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah, Selasa (10/11). Foto- Istimewa

Tumbuhkan Jiwa Kepahlawanan ke Pemuda

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Bersempena dengan Hari Pahlawan 10 November, seluruh anggota Organisasi Pemuda Penyengat (OPP) melangsungkan kegiatan ziarah ke makam pahlawan nasional. Bagi pemuda Penyengat, ziarah ke makam pahlawan nasional adalah seperti ziarah ke makam ke leluhur karena ada dua pahlawan nasional yang dimakamkan di sana: Raja Haji Fisabilillah dan Raja Ali Haji.

Ketua OPP, Tohar Fahlevy menjelaskan kegiatan ziarah ke makam pahlawan nasional tiap Hari Pahlawan mesti menjadi agenda rutin tahunan. “Karena di mana lagi, ada sebuah pulau, yang di dalam tanahnya, dikebumikan dua pahlawan nasional. Tentu ini kebanggaan bagi kami selaku pemuda-pemuda Penyengat,” kata Tohar, Selasa (10/11).

Baca Juga :  IHLC dan BI Bawa Pengusaha Indonesia Gelar Investment Forum di Dubai dan Jeddah

Manfaat dari kegiatan ini, sambung Tohar, adalah menumbuhkan jiwa kepahlawanan di kalangan pemuda, utamanya pemuda pulau Penyengat. Tohar berharap nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan yang pernah ditampilkan Raja Haji Fisabilillah dan Raja Ali Haji semasa hidupnya menjadi teladan sekaligus inspirasi bagi pemuda Penyengat untuk berkarya dan berbuat untuk kampung halamannya.

“Raja Haji dan Raja Ali Haji bukan pahlawan yang tidak dikenal, mereka seperti atok-atok kami sendiri. Jadi sangat cocok diteladani untuk perjuangan pemuda Penyengat hari ini,” ucap Tohar yang baru dilantik sebagai ketua bulan lalu ini.

Baca Juga :  Rayakan Idul Fitri Bersama Keluarga, Isdianto Ajak Bersatu Cegah Corona

Sejalan dengan kegiatan tersebut, OPP turut membagikan masker kepada warga Penyengat. Bagaimanapun, kata Tohar, satu di antara kewajiban paling dekat dari perjuangan hari ini adalah ikut menekan persebaran pandemi di Penyengat.

“Itu juga bagian dari perjuangan. Apa yang bisa kami lakukan, maka kami lakukan. Termasuk bagi-bagi masker dan mengedukasi masyarakat perihal protokol kesehatan di masa pandemi,” pungkasnya.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here