Beranda Berita Utama Organisasi Pemuda Penyengat Tolak Pelantikan Sultan

Organisasi Pemuda Penyengat Tolak Pelantikan Sultan

781
0
OPP tolak pelantikan sultan. F- istimewa

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Organisasi Pemuda Penyengat dan Karang Taruna Kelurahan Penyengat sepakat menolak dengan tegas rencana pelantikan sultan yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Adat Kesultanan Riau Lingga pada Selasa (19/10/2021) ini di Penyengat.

Ada beragam pertimbangan yang melandasi penolakan ini. Ditinjau dari sisi histori maupun realitas hari ini. “Karena pengukuhan ini berpotensi menimbulkan gejolak masyarakat dan perpecahan,” kata Ketua OPP, Tohar Fahlevy, Senin (18/10/2021).

Penolakan ini pun, sambung Tohar, mendapat dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat di Penyengat. Dalam penilaian mereka pengukuhan ini dianggap punya kepentingan dan tujuan yang tidak baik. Bahkan, Tohar menduga ada upaya menguasai aset-aset bersejarah di pulau Penyengat yang sudah menjadi milik bersama masyarakat sebagai warisan budaya masa lalu.

Baca Juga :  Dipusatkan Di Kawasan Gurindam 12, HUT RI Tahun Ini Harus Meriah dan Menyentuh

“Masyarakat Penyengat itu sudah nyaman dengan kehidupannya sekarang, jadi tidak perlulah ada kesultanan baru yang palsu itu.  Kesultanan Riau-Lingga sudah tidak wujud semenjak tahun 1913. Kami tidak melihat ada kepentingan untuk mewujudkan kerajaan itu kembali,” tegasnya.

Tohar berharap rencana yang dinilainya mengada-ada ini dibatalkan. “Jangan main-main. Karena kerja ini dianggap melanggar dan melecehkan adat,” tekannya.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here